___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saturday, June 20, 2015

Panggilan Terakhir Penerbangan USD17000



Pemerintah.... Babi dan Buta Pula

Kadang-kadang sambil pulang kantor, saya mendengarkan radio untuk menghilangkan kebosanan dan kesepian. Hanya dua stasiun radio yang saya kenal, yaitu radio PASFM dan KISFM. Memang selera saya sangat terbatas.
Mendengarkan PASFM sebabnya jelas, karena ingin tahu berita valas dan saham. Sedangkan dengan KISFM ceritanya lain. Perkenalan saya dengan KISFM karena dulu sekali KISFM sering memperdengarkan lagu-lagu rock classic. Walaupun sekarang saya lebih suka mendengarkan musik MP3 dari tumb-drive, sesekali saja dengarkan KISFM.
Sore ini radio PASFM mengangkat berita dari koran dan membuka komentar kepada pendengarnya. Siaran seperti ini adalah salah satu program rutinnya yang disebut investor opinion.
Kali ini penyiar Nina Amelia mengangkat tulisan Tony Prasetiantono di kolom ekonomi Kompas. Nina Amelia mengatakan bahwa Tony Prasetiantono berpendapat bahwa tindakan pemerintah mengharuskan pembeli rumah dan mobil mewah untuk menunjukkan surat bebas tunggakan pajak adalah membabi buta. Mungkin artikel yang dimaksud oleh Nina Amelia adalah artikel lama berikut ini:
JAKARTA , KOMPAS.com -  Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM) Anthonius Tony Prasetiantono menilai pemeritah terkesan membabi buta dengan mengenakan pajak kepada berbagai sektor untuk mencapai target penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp 1.296 triliun.
"Di satu sisi pemerintah menargetkan pajak yang tinggi, tapi terlihatnya semacam membabi buta semuanya dipajaki. Ini sangat kontra produktif," ujar Tony di Jakarta, Sabtu (28/3/2015).......
....... "Jangan sampai pemerintah membabi buta untuk mengejar target itu. Karena semakin dipajaki maka ekonomi akan semakin lesu. Spending untuk konsumsi berkurang. Kenaikan pajak itu harus hati-hati jangan sampai kontra produktif." ujarnya lagi.
Untuk kasus ini banyak yang memberikan komentar negatif dan setengahnya memaki-maki pemerintah. Saya membayangkan seorang pendengar PASFM yang merespon lewat telpon berkomentar: “……Memang pemerintah itu babi…….buta pula dan budeg!!!.
Saya tidak tahu apakah ada pendengar PASFM yang menganggap bahwa pemerintah memang seperti babi atau layak disebut babi, seperti kata Anthonius Tony Prasetiantono. Bahkan buta pula serta budeg, karena tidak melihat realita ekonomi dan kesengsaraan rakyat, memajaki seenaknya serta tidak mendengarkan keluhan di PASFM. Rasanya memang layak orang mengungkapkan kemarahannya kepada pemerintah yang telah membuat hidup mereka ribet dan sengsara dengan peraturan-peraturannya yang tidak perlu dan dengan pajak-pajaknya.
Hal yang menarik berikutnya adalah pemerintah ini adalah hasil dari proses demokrasi. Siapa yang memilih mereka. Kemudian, apa yang pemilih harapkan, jika mereka memilih babi untuk mengurus anda, memimpin anda.....? Malah hidup anda menjadi sulit. Jadi siapa yang salah? Yang memilih babi untuk memerintah? Atau babinya itu sendiri.
Kata babi untuk pemerintah Anthonius Tony Prasetiantono memang lebih layak dari anjing. Karena babi dalam banyak hal lebih buruk dari anjing. Kalau anjing, memang kita harus memelihara mereka, memandikan mereka, memberi makan, mengolahragakan....., tetapi sebagai balasannya mereka menjaga rumah kita. Dan ini menghemat biaya satpam yang sekarang gaji rata-ratanya 2 x Rp 2.7 juta (UMR). Catatan: untuk menjaga 24 jam diperlukan 2 satpam bergantian.
Anjing tidak hanya menjaga rumah, tetapi juga memberi kasih sayang dan kesetiaan kepada pemiliknya. Dan ini tidak bisa anda peroleh dari babi.
Menurut EOWI yang mendasarkan argumennya dari Quran dan hadith, menyamakan babi dengan pemerintah atau pegawai pajak dan kementerian keuangan, adalah menghina babi. Babi lebih baik dari mereka! Bahkan kalau babi-babi mengerti bahwa mereka disamakan dengan pemerintah, pegawai pajak atau petinggi departemen keuangan, babi-babi ini akan tersinggung sekali.
Menurut Quran, hadith dan sains , babi terlalu baik untuk disetarakan dengan orang-orang ini. Oleh sebab itu EOWI tidak akan memanggil orang-orang ini babi.
Buktinya babi lebih baik dari mereka ada di Quran. Tuhannya orang Islam, menyebutkan bahwa mereka ini bisa .......serendah-rendahnya (Q 95:4 -5), lebih rendah dari binatang ternak (Q 7:179). Bahkan penarik pajak seperti mereka ini untuk mensucikannya agar tidak masuk neraka harus dirajam. Babi tidak perlu dirajam untuk bebas dari neraka!!
Quran tidak pernah menyebutkan bahwa babi itu rendah. Tidak hanya itu. Walaupun babi dagingnya diharamkan, tetapi menurut Quran, lemaknya, kupingnya, tulangnya, jantungnya.....tidak haram. Pembaca bisa melihatnya sendiri di Quran bahwa hanya dagingnya (daging babi) yang haram sedangkan lemaknya, kupingnya, tulangnya, jantungnya.....di dalam Quran tidak sebut keharamannya. Sekali lagi, hal ini bisa dilihat di Quran itu sendiri. Mau lihat ayatnya:
[Q 5:3] Diharamkan bagimu bangkai, darah yang mengalir, daging babi (Arabnya: lahma kinzir), hewan yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya dan yang disembelih untuk berhala............
Jelas-jelas di ayat tersebut dinyatakan daging babi (lahma = daging,  kinzir = babi), bukan babi (kinzir) saja secara umum dan keseluruhan. Jadi syakhama kinzir (syakhama = lemak, kinzir = babi) atau uzunun kinzir (kuping babi) atau qalb kinzir (jantung babi) tidak diharamkan!!
Pembaca bisa mendiskusikannya, memperdebatkannya ayat ini (topik ini) dengan seseorang yang mengerti bahasa Arab. Kalau dia jujur maka dia akan mengakuinya. Tetapi biasanya, anda akan memperoleh resistansi/penolakan, karena umumnya pengaruh fiqih (yang notabene sarat dengan opini manusia) sangat dominan dalam beragama. Orang lebih mengikuti hukum-hukum fiqih (yang notabene sarat dengan opini manusia) dari pada Quran.
Pada saat topik daging babi ini saya bawa ke ipar saya yang lulusan IAIN (Institut Agama Islam Negri), dia terpojok dan saya dituduh mencari celah-celah kelemahan hukum saja.
Mungkin saja saya mencari celah-celah kelemahan hukum “Tuhan”. Kalau Tuhan bisa kecolongan, artinya dia kurang cerdas....., maka tuhan semacam ini tidak layak saya sembah. Artinya......, saya harus mengakui salah satu dari pilihan berikut ini: apakah yang haram itu terbatas pada daging babi saja atau tuhan yang kurang cerdas  dan bisa diakali oleh manusia seperti saya ini. Dan pilihan saya adalah yang pertama. Yaitu: yang diharamkan adalah spesifik daging babi, bukan organ babi lainnya.
Ada hasil riset yang menarik. Banyak organ-organ babi yang secara anatomi cocok untuk manusia. Misalnya bagi penderita klep jantung bocor, saat ini pilihannya adalah klep mekanik terbuat dari titanium, dari plastik, dari klep jantung sapi dan klep babi. Dan yang terbaik dan secara anatomis paling cocok untuk manusia adalah yang dari babi. Organ-organ babi secara anatomis cocok dengan manusia, walaupun secara genetik tidak. Tetapi dikemudian hari (mungkin tidak lama lagi) problem ini bisa diatasi sehingga di saat itu bukan tidak mungkin babi sebagai donor organ bagi manusia, seperti jantung, paru-paru dan organ-organ lainnya. Pada saat itu babi sangat jauh lebih baik dari pada politikus dan birokrat di pemerintahan. Hanya ada satu undang-undang yang bisa mendekatkan kembali derajad politikus dan birokrat dengan derajad babi, yaitu undang-undang yang membolehkan organ-organ milik politikus dan birokrat dipanen ketika mereka mati. Apakah itu kornea mata, jantung, paru-paru, ginjal, atau lainnya. Selama tidak ada undang-undang itu, derajad politikus dan birokrat jauh lebih rendah dari babi.
Kita sudahi dulu cerita mengenai babi yang mungkin bagi banyak pembaca informasi bahwa yang diharamkan oleh Quran adalah terbatas pada daging babi dan bukan kupingnya, bukan lemaknya, bukan jantungnya adalah hal yang baru. Di EOWI, pembaca akan banyak menjumpai kejutan-kejutan. Tetapi jangan kuatir, kejutan tersebut bukan kejutan ala Lia Eden alias Lia Aminudin orang yang mengaku memperoleh wahyu bahwa akan ada pesawat ruang angkasa mendarat di lapangan Monas. Kejutan-kejutan EOWI bisa dibuktikan sendiri dengan melihat referensi yang disodorkan EOWI.

Panggilan Terakhir Penerbangan USD17000

Tidak terasa USD sudah mencapai Rp 13300 akhir-akhir ini, dan nampaknya sulit untuk turun di bawah Rp 12000. Ini bagus untuk portofolio EOWI. Sementara itu, Nina Amelia dari PASFM, setiap sore hampir selalu mengucapkan: “.........dalam perdagangan saham hari ini investor asing membukukan  net sell sebesar .....sekian milyar rupiah”.
Kata net sell, sama sekali tidak enak didengar bagi kebanyakan orang. Oleh sebab itu tidak heran indeks harga saham gabungan tergerus terus. Dan pada saat tulisan ini dibuat, IHSG sudah berada di di bawah 5000.
Bagi kami di EOWI, suara Nina Amelia terdengar sangat merdu ketika mengucapkan kata net sell. Pada hari dimana Nina Amelia mengucapkan kata net sell, harga dollar naik. Portofolio EOWI membaik, membukukan keuntungan.
Sementara itu, di New York indeks Dow Industrial, DJIA, juga sudah berada dibawah 18,000. Sementara itu indeks dollar masih berkutat di sekitar 93 – 95 walaupun demikian kurs USD masih cenderung menguat terus terhadap rupiah, dan mencapai level di atas Rp 13,000 per US dollar.
Dari kurva USD-Rp, nampaknya penerbangan USD menuju Rp 17,000 sudah pada fase boarding dan panggilan terakhir sudah diumumkan. Tinggal landas akan segera dilaksanakan.
Berapa lama penerbangan ini...., mungkin 1 tahun, mungkin juga 2.5 tahun. Tetapi kemungkinan besar adalah 1.5 tahun.
Dari segi siklus tahunan, biasanya musim panas (di Eropa dan Amerika) sampai awal musim gugur – Juni sampai September, adalah periode bearish bagi bursa saham. Katanya: “Sell in May and go away”. Yang ditakutkan adalah: “Sell in May and keep selling.....” , sampai akhirnya kebablasan dan terjadi crash. Peluang terjadinya crash cukup tinggi ditinjau dari sudut teknikal (Chart-1). 


Chart- 1

Struktur megaphone dengan top ke-3 nya sudah terbentuk sejak setahun lalu. Disamping itu, jarak antara puncak-1 dengan puncak-2 adalah 8 tahun. Dan sekarang adalah tahun ke 8 dari puncak-2. Apakah tahun ini bursa saham sudah mencapai puncaknya di DJIA = 18312, yaitu pada tanggal 19 May 2015? Dan berikutnya adalah crash?
Waktu yang akan membuktikannya.
Harus diingat bahwa topping sebuah long term trend seperti ini, bisa berlangsung selama 3 tahun, mungkin lebih. Oleh sebab itu crash tidak harus terjadi tahun ini atau tahun depan. Mungkin 2 tahun lagi. Jadi selama 2 tahun ini harus sangat berhati-hati. Dan yang paling penting adalah....., tidak ada sesuatupun yang mengharuskan adanya sikus 8 tahunan. Ini yang lebih penting untuk membatalkan pemikiran bahwa puncak indeks saham DJIA terjadi pada tanggal 19 May 2015 lalu dan berikutnya akan disusul dengan crash dan krisis.
Lalu apa kaitannya antara crash di bursa saham dengan rupiah?
Krisis saat ini merupakan bagian dari krisis deflationary yang dijelaskan secara panjang lebar di Gejolak 2014 – 2020. Pada butir no.5 disebutkan bahwa US dollar akan mencapai Rp 17,000 sampai Rp 25,000 karena kontraksi dan kebekuan kredit. Pada saat krisis terjadi, investor akan lari ke cash, dalam hal ini US dollar, bukan rupiah. Itu intinya.
Jadi......, kemungkinan pada saat ini, puncak kegilaan di bursa saham, credit bubble, sudah lewat. Bursa saham dalam ancaman rupiah juga dalam ancaman dan asset-asset lainnya, kecuali US dollar, dalam ancaman.

Makro Ekonomi Tidak Menolong

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus melambat sejak tahun 2011, akhir dari commodity bull market. Wajar, karena andalan ekonomi Indonesia adalah komoditi bahan tambang. Ketika komoditi ini menyalami penyurutan, maka pertumbuhan ekonominya pun pengalami perlambatan. Itu konsekwensi logis. Masuk akal. Kalau ada pemikiran yang melawan hal ini adalah waham, gila, mengalami dilusi.

Chart- 2

Sejak turunnya harga komoditi, pertumbuhan GDP Indonesia mengalami perlambatan secara konsisten dari 6.5% (2011) ke 4.7% (Q1 2014) per tahunnya. Ini membuat Indonesia tidak terlalu menarik bagi investor. Dana ditarik keluar, dan Indonesia mengalami peningkatan defisit pembayaran berjalan, dari 0.2% dari GDP (2011) ke 3.1% dari GDP (2014).
Dan di tengah-tengah perlambatan ekonomi, presiden dan pemerintah panik, bingung, dan menjadi gila, menginginkan, mentargetkan kenaikan perolehan pajak 30% perolehan pajak serta 14% kenaikkan pendapatan negara. Bagaimana tidak bisa dibilang panik, bingung dan gila kalau dimasa ekonomi melambat, bisnis melambat, penghasilan melambat, pertumbuhan keuntungan melambat, maka pendapatan pemerintah akan turun, padahal pemerintah sudah terbiasa melakukan pemborosan, banyak pengeluarannya tidak bisa ditawar lagi seperti gaji pegawai DPR, politikus dan birokrat. Mereka ini tidak mengenal perlambatan ekonomi. Solusinya: pemerintah menodong kenaikan pajak sebesar 30%!  Ini sama saja menimpakan tangga kepada orang sudah jatuh. Sama seperti memajaki uang pesangon PHK. Orang sudah kena musibah, malah diambil duitnya (dipajaki).
Kalau demikian halnya akan ada tiga kemungkinan. Pertama akan banyak bisnis yang tersungkur bergelimpangan, mati. Atau pemerintah tidak memperoleh apa yang diinginkannya. Dan ke tiga adalah pemerintah tidak memperoleh apa yang diingkannya dan banyak bisnis yang rontok. Mungkin yang terjadi adalah yang ketiga. Ouch!!! Ini adalah ramalan logis!!
Tren pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak akan berubah tanpa ada perubahan model ekonominya, yaitu ekspor bahan komoditi. Pertumbuhan ekonomi Cina, negara target ekspor bahan komoditi, mengalami perlambatan sejak tahun 2010 dan mengalami over-stock bahan-bahan komoditi.


 Chart- 3

Sedangkan Amerika Serikat sebagai kosumen terbesar dunia, mengalami pertumbuhan yang marginal, disekitar 2%. Ini juga tidak bisa diharapkan.

Chart- 4

Dengan kondisi seperti ini, apakah Indonesia bisa meningkatkan ekspor untuk memacu pertumbuhan ekonominya? Jawabnya sudah jelas.
Pertanyaan berikutnya: Apakah rupiah akan menguat, atau setidaknya bertahan?
Indonesia adalah pengimpor bahan makanan. Beras, ayam, telur, sapi (daging) sebagian berasal dari impor. Nampaknya saja ayam dan telur adalah produk lokal. Tetapi kalau ditelusuri, pakannya adalah impor. Lalu...., tahu dan tempe juga produk lokal......, tetapi bahan bakunya yaitu kedele adalah produk impor. Sementara ekspor  (bahan komoditi) menurun, dana spekulasi asing yang masuk menurun, dan makan, perut lapar tidak mengenal kompromi, kebutuhan dollar dalam negri meningkat (untuk impor dan yang hengkang), sedangkan yang masuk berkurang....., apa yang mau diharapkan? Tekanan terhadap rupiah bukan?

Jurus Yang Tumpul

Ada berita di koran beberapa hari lalu (bulan Juni 2015). Judulnya: Jurus Pemerintah Kuatkan Rupiah
Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mempunyai beberapa cara menjaga nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Salah satunya adalah dengan meningkatkan kepercayaan investor dengan memberikan beberapa sentimen positif di pasar keuangan.
Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah selalu mengeluarkan pernyataan yang bisa memberikan sentimen positif ke pasar. Salah satu pernyataan yang dilontarkan adalah bahwa pemerintah akan terus berusaha menjaga pertumbuhan ekonomi berada di level yang ditargetkan (EOWI: poin 1).
"Dari pemerintah kami berupaya menciptakan dan juga menumbuhkan sentimen positif untuk memperbaiki keyakinan pelaku ekonomi sehingga bisa membantu penguatan nilai rupiah," kata Bambang (EOWI: poin 2)., saat berbincang dengan Liputan6.com, di Bengkalis, Riau, Rabu (17/6/2015).
Bambang mengungkapkan, selain cara tersebut, pemerintah juga terus mencoba memperbaiki fundamental ekonomi dengan mengendalikan inflasi dan neraca perdagangan. "Jadi kami upayakan inflasi dikendalikan dan neraca perdagangan tidak memberatkan, kemudian dari sisi APBN jadi lebih baik pada bulan-bulan ke depan," tuturnya.
Ia menambahkan, menjaga kekuatan rupiah sebenarnya merupakan tugas Bank Indonesia. Ia berharap Bank Indonesia terus menjaga stabilitas rupiah. "Urusan jaga mata uang rupiah utama Bank Indonesia, kami harapkan Bank Indonesia terus hadir di pasar menjaga stabilitas rupiah," pungkasnya (EOWI: poin 3).
Pembaca bisa menilai sendiri kebenaran/kebohongan pernyataan menteri keuangan ini.
Pertanyaan untuk poin 1: apakah pemerintah akan menjaga pertumbuhan ekonomi?
Dari chart-2 terlihat bahwa pertumbuhan ekonomi mengalami perlambatan! Mungkin pemerintah akan mengelak bahwa target kami (pemerintah) memang perlambatan. Dan untuk ini kita harus melihat apakah pemerintah sering meleset dari targetnya.
Bulan Mei lalu ada pernyataan dari staf kepresidenan Luhut Panjahitan yang mengatakan bahwa target pertumbuhan ekonomi Indonesia yang 5.8% akan meleset. Pertama bahwa mentargetkan 5.8% sebagai tingkat pertumbuhan ekonomi adalah gila (seharusnya hanya 4% saja), karena 5.8% sepatutnya diperuntukan tahun 2013, bukan tahun 2015 atau selanjutnya. Yang kedua menteri perekonomian jelas-jelas sudah bohong. Dia tahu bahwa pertumbuhan ekonomi akan meleset, kok masih ngomong bahwa pemerintah akan menjaga targetnya.
Kalau sering bohong, lama-lama orang tidak percaya. Yang sejatinya orang sudah tidak percaya kepada pemerintah.
Pertanyaan untuk poin 2: Kalau pemerintah sering memberi omongan bohong, apakah orang akan percaya, dan apakah bisa menumbuhkan kepercayaan (kepada rupiah atau kepada ekonomi Indonesia)?
Pembaca bisa menjawabnya sendiri.
Untuk poin 3, kita masukkan sebagai sub-topik baru.

Mempertahankan Rupiah Bukan Misi BI yang Sejatinya

Yang selalu kita dengar adalah, bahwa salah satu misi BI adalah menjaga kestabilan rupiah. Dan kita tahu bahwa rupiah telah mengalami pelemahan dibandingkan US dollar dari level Rp 8,500 (2011) ke level Rp 13,000 an (pertengahan 2015). Dalam kurun 4 tahun tergerus 50%.
Pertanyaannya: apakah persenjataan BI tumpul atau BI tidak punya niat untuk mempertahankan rupiah?
Kalau BI mau mempertahankan rupiah, tentunya dengan cadangan devisanya. Dengan kata lain cadangan devisa akan turun. Kenyataannya tidak demikian (Chart-5). Cadangan devisa Indonesia malah kembali ke level  US$ 110 milyaran di tahun 2015 ini. Naik dari level US$ 90 milyaran di tahun 2013. Di saat nilai rupiah tergerus dari level Rp 9,700 ditahun 2013 ke Rp 13,300 per US dollar cadangan devisa naik juga. Jelas BI tidak berniat mempertahankan nilai tukar rupiah. Yang dipertahankan adalah jumlah cadangan devisa saja.

Chart- 5

Itulah misi BI yang sejatinya, yang terlihat nyata di data. Bukan yang gembar-gemborkan atau yang diajarkan di sekolah-sekolah dan universitas.

Hikmah Sejarah

Mungkin pembaca masih belum percaya dan dalam hati masih bertanya: Masa’ sih BI tidak mempunyai misi untuk mempertahankan nilai rupiah?
Chart di bawah ini menunjukkan perjalanan rupiah dari kelahirannya sampai hari ini.
Silahkan jawab pertanyaan ini: Menurut sejarah, Apakah BI mau dan mampu mempertahankan rupiah?
Saya pikir jawabnya sudah jelas.
Hikmah yang bisa dipelajari dari chart ini adalah, nilai rupiah bisa bertahan di masa secular commodity bull market dan akan terpuruk pada masa secular commodity bear market. Itu sejarah! Sebabnya jelas, yaitu karena ekonomi Indonesia berbasis komoditi.


Chart- 6

Rasanya tidak afdol jika hanya sejarah narasi saja yang dipelajari, tetapi harus ditambah dengan hitungan-hitungan kwantitatif yang relevan dengan masa kini.
Pada secular commodity bear market tahun 1951 – 1970, kurs US dollar pada masa itu adalah ORI Rp 11.4 per US dollar. Atau kalau di konversikan ke uang rupiah Orba yang sekarang digunakan adalah Rp 0.00114. Hanya sepersepuluh sen saja. Di akhir periode bear market tahun 1970, kurs dollar adalah Rp 326 per US dollar. Rupiah selama 19 tahun ini terbantai dan kehilangan 99.9997% dari nilainya.
Kemudian pada secular commodity bear market ke dua dalam kehidupan NKRI dan rupiah, yaitu tahun 1980 – 2000, rupiah terbantai lagi dari Rp 627 per US dollar menjadi Rp 7,400 per US dollar. Nilai rupiah menguap 91.51%, menyisakan hanya 8.49% nya saja.

Periode
Kurs di Awal Periode
Kurs di Akhir Periode
Perubahan Nilai, %
Rp Masa itu
Rp Orba
Rp Orba

Bear Market 1951-1970
ORI Rp 11.4
0.00114
326.00
-99.999%
Bull Market 1970-1979

326.00
627.00
-48.03%
Bear Market 1980-2000

627.00
7400.00
-91.52%
Bull Market 2000-2011

7400.00
8500.00
-12.94%
Bear Market 2011- ??

8500.00
-


Bagaimana dengan secular commodity bear market yang ke-3 yang dimulai pada tahun 2011? Rupiah dimulai di level Rp 8,500 per US dollar. Apakah target kurs  kurs dollar Rp 17,000 wajar (50% menguap), atau Rp 25,000 (66% menguap)...... atau Rp 50,000 (83% menguap)?
Kalau saya mentargetkan Rp 50,000 per US dollar di tahun antara 2025-2030, apakah masih wajar?
Biarkan sejarah menjawabnya.........tetapi kalau pembaca mau menjawabnya, silahkan.

Renungan

Dilain waktu, kita akan membahas lebih panjang lebar tentang perbandingan antara penurunan nilai rupiah di masa secular commodity bear market 1951 – 1970 dan 1980 – 2000 dalam kaitannya dengan regulasi dan campur tangan pemerintah. Kenyataan sejarah adalah bahwa kombinasi antara ekonomi terpimpin (Sukarno) yang sarat dengan campur tangan pemerintah serta regulasi yang membuat hidup ribet dengan secular commodity bear market adalah campuran yang lebih mematikan dibandingkan ekonomi Pancasila (Suharto).
Pertanyaan: Seberapa jauh rupiah akan jatuh pada masa secular commodity bear market 2011 – 20XX sekarang ini?
Semuanya itu tergantung pada campur tangan pemerintah. Semakin banyak campur tangan pemerintah, semakin kuat racun yang diminumkan ke rupiah.
Pada bulan Ramadan ini, EOWI merasa bahwa tidak ada salahnya untuk memberi sedikit nasehat kepada mereka yang bekerja sebagai birokrat dan pegawai pajak. Apa yang kalian lakukan menyengsarakan banyak orang. Bahkan nabi Muhammad S.A.W. mengatakan bahwa untuk mensucikan perbuatan sebagai penarik pajak adalah dengan rajam (dilempari batu sampai mati). Tinggalkanlah dan cari pekerjaan lain. Berdoalah untuk memperoleh pekerjaan yang diridhoi oleh orang banyak dan diridhoi Allah. Insya Allah....., Dia akan mengabulkannya.

Sebagai birokrat yang berkerja di bidang moneter pemerintah, BI, atau yang membuat aturan-aturan (baca: pengekangan-pengekangan), dan membuat nilai rupiah terus merosot di atas 90% menguap untuk setiap periode secular commodity bear market, bukan perbuatan yang diridhoi orang masyarakat, jika mereka tahu bahwa penyebabnya adalah kalian. Di hari perhitungan nanti Allah akan membeberkan semua prilaku anda dan akibatnya pada orang banyak. Mata mereka akan melek dan sadar siapa yang menyengsarakan mereka. Pada hari itu, hutang-hutang yang merupakan perbuatan yang menyengsarakan wajib dibayar. Allah akan memberi kesempatan para korban penyengsaraan untuk membalas kepada pelakunya. Dan pada saat itu kata "maaf" tidak berlaku. Rasa welas asih tidak ada lagi. Yang ada hanyalah get even, menuntut pelunasan. Karena setiap orang punya hutang dan tidak akan mau balance sheet nya negatif yang bermakna menjadi penghuni neraka. Mereka berusaha menagih hutang-hutang mereka, kepada yang menyengsarakan hidupnya di dunia, kepada yang berdosa pada mereka, supaya balance sheet mereka positif. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam berbuat. Walaupun orang yang menjadi korban/teraniaya tidak tahu, tetapi di hari perhitungan, mereka akan diberi tahu dan akan menuntut atas dosa yang diperbuat atas mereka.

Sekian dulu......., selamat berpuasa bagi yang melakukannya. Dan....berhati-hatilah dengan tabungan anda selama secular commodity bear market saat ini. Sejarah menunjukkan bahwa selama periode ini nilainya jatuh sangat parah. Dan diakhir masa ini juga terjadi kerusuhan besar (kejatuhan Sukarno G30S tahun 1965 - 1967 dan kejatuhan Suharto, krismon 1998 dan tragedi May 1998). Walaupun akhir secular commodity bear market masih lama, tidak ada salahnya EOWI mengingatkan pembacanya, agar pembacanya mengingatkan anak-anaknya.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

29 comments:

Reader said...

Pertumbuhan ekonomi apaan Pak? Bahkan 4% pun kedengarannya absurd saat ini? Statistik pemerintah Indonesia, dan semua negara sangat bermasalah!!

Setuju Pak. Babi pun akan tersinggung disamakan dengan pemerintah. Hahahaha....

Husni Putra said...

Tentang yang daging babi pak.
Kalo Quran diturunkan serba specific, misalnya khusus masalah babi dan berbagai organ2nya harus disebutin haram, itu bukan kitab suci namanya. Ga kan cukup 30 juz. Itu baru masalah haram babi saja, belum masalah yg lain. Tata cara sholat pun ga disebutin dalam Quran.
Mungkin nanti bapak akan bilang, ga perlu ditulisin detilnya satu persatu, tapi cukup global/umum aja mungkin dengan kata kata seperti semua organ dalam dan luar. Terus gimana dengan keluarannya, seperti kotoran, benih, keringatnya dst? Apa mesti didetailkan juga??
Bagi saya semua organ babi itu asal muasalnya juga adalah dari dagingnya. Awalnya dari benih, kemudian jadi darah, kemudian daging dan tulang dst.

Salam,
Husni

Imam Semar said...

Salam untuk pak Husni,

Terima kasih untuk komentarnya.

Quran adalah pesan yang dibuat Allah sebagai petunjuk untuk manusia, mengenai apa yang dikehendakiNya. Ini adalah pengakuan Quran itu sendiri. Apa yang dikehendaki Allah ada yang spesifik dan ada yang umum. Contoh larangan/perintah yang umum:

"makan/konsumsilah yang halal dan baik"
"semua hewan dari air halal"

Yang spesifik:
"bangkai, darah yang mengalir, daging babi, hewan yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya dan yang disembelih untuk berhala"

Jika babi secara umum dan semua bagian-bagiannya haram, maka kata yang digunakan cukup "kinzir" saja, yang artinya babi. Adanya penambahan kata "lahma" atau daging, membuat larangan tersebut menjadi spesifik.

Setidaknya dengan penambahan kata lahma (daging), akan membuat orang bertanya-tanya, apakah lemaknya halal? kupingnya halal? dst.

Akan lebih effisien jika hanya kata "kinzir" saja, tanpa "lahma" jika semua bagian babi diharamkan.


Salam,

IS yang nakal.....

Anonymous said...

Markus 7:15 (TB) Apa pun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya."

Anonymous said...

Hello Pak Imam,

Senang sekali saya menemukan blog ini sejak beberapa minggu lalu, saya sudah selesai baca semua dan bukan main senangnya ketika ada update lagi. Tulisan-tulisan anda sangat brilian, namun ada beberapa hal yang anda kurang angkat dan saya akan tanyakan.

Saya bisa lihat pandangan Anda berada di camp deflationary & selaras dengan pihak seperti Harry Dent. Anda belum buat antithesis dari kemungkinan adanya krisis hyperinflation dan skenario Dollar Collapse. Seperti Peter Schiff & Jim Rickards bilang, pihak deflationary camp ini menganggap enteng kekuatan The Fed (dan Bank Sentral dunia) untuk dapat mencetak uang lagi, "there simply will be another round of QE". Apabila saat itu tiba, pada akhirnya USD yang akan terjun bebas nilainya dan mata uang global baru akan dibicarakan.

Mohon bantuan penjelasannya dari Bapak Imam Semar tentang pernyataan di atas, karena dengan adanya teori dari camp seberang, saya jadi nggak full power geser portfolio ke USD. Bagaimana juga dengan emas, apakah Pak Imam juga selaras dengan Dent Research bahwa emas akan turun sampai 700/TrOz?
Ini sudah bulan Juni dan saya yakin kita berdua sepakat keadaan sudah genting. Saya yakin banyak kalangan middle-class di Indonesia yang sangat tertolong karena blog Pak Imam ini.


Thanks & Regards,

Gunawan
(maaf anonim)

Imam Semar said...

Mas Gun,

Ada yg masih dalam pembuatan, yaitu Paska Krisis 2014 - 2020. Saat itu akan terjadi inflasi. Periodenya di sekitar 2025 - 2040. Saya mungkin sudah mati pada saat itu...he he he...

Imam Semar said...

BTW mas Gun,

Saya belum baca bukunya Jim Rickard....currency war. Saya pikir dia bukan pro inflasi deh.

Imam Semar said...

Mas Anony,
Perkiraan saya ada yg kurang dalam mensitir pernyataan Jesus. Ini versi bahasa Inggrisnya. Seandainya ada kata ALSO, maka semuanya menjadi masu akal.

Kalau yg dikonsumsi, diambil tidak baik, maka systemnya tidak baik. Misalnya....apakah jika orang mengkonsumsi/menyalah gunakan alkohol, narkotics bisa baik?

Saya cenderung menambahkan kata ALSO/JUGA.

Mark 7:15King James Version (KJV)

There is nothing from without a man, that entering into him can defile him: but (ALSO) the things which come out of him, those are they that defile the man.

Defile artinya menurunkan derajad, merusak, sedangkan najis artinya kotor. Mungkin kata najis dikalangan Kritiani berbeda. Tetapi dikalangan Islam artinya kotor.

Anonymous said...

Hi Pak Imam,

Thanks for the fast response. Saya sudah baca habis Harry Dent's "Demographic Cliff". Tentang Jim Rickards mungkin dia bukan pro-, tapi kita bisa kategorikan masuk kubu inflasi karena berseberangan dengan kubu deflationary yang menyarankan memegang USD in cash, terutama di buku terbarunya "The Death of Money: The Coming Collapse of the International Monetary System".

Di sini saya percaya kalau kita berdua sepakat masalah deflationary spiral dan menukiknya semua siklus membentuk suatu perfect storm adalah benar dan kejadian besar ini sudah mulai bergulir. (btw saya juga kurang lebih merasa nangkep tentang pandangan Nikolai Kondratieff, walaupun belum baca tulisan2nya). Namun seperti apa dan kemana ledakannya saya masih bingung Pak.

Anda belum jawab pertanyaan:
1. Bagaimana impact kebijakan The Fed terhadap USD di masa depan (taruh lah keluar lagi Quantitative Easing jilid 4) ?
2. Bagaimana tanggapan Pak IS tentang hipotesis/skenario Dollar Collapse? Yaitu dengan asumsi hal pada pertanyaan no.1 di atas terjadi secara ekstrim, QE4 keluar, untuk short term USD akan meroket, namun indikator ekonomi terus jatuh dan di sisi lain jalur pembayaran internasional China matang, pada akhirnya kepercayaan publik pada USD akan jatuh bebas.


Thanks & Regards,

Gunawan

Imam Semar said...

QE....mungkin sampai banyak seperti Jepang, pretend and extend....., he he he he he...., suatu saat the Fed yang harus dibail out.

Kita harus membedakan kredit dan money.

Lain kali kita bahas

Anonymous said...

Membaca ulasan Oom IS dan Om Gunawan jadi bingung nih, antara harus pegang long U$ atau gold ? kalau U$ collapse pastinya gold yg harus dipegang.

Anonymous said...

Pak gunawan,saya tertarik dgn pernyataan anda yg ini "Ini sudah bulan Juni dan saya yakin kita berdua sepakat keadaan sudah genting. "
Ada apa dgn bulan juni?,sepertinya anda tahu sesuatu nih...monggo di share biar diskusi tambah menarik...hehehe

Salam,
Ekonomiorangawamdaninvestasi

hay kel said...

seru beritanya. kalau saya tetap berprinsip mempertahankan koin silver dan gold serta mempersiapkan permaculture utk berlepas dari ketergantungan uang dan pihak manapun.

Anonymous said...

Setuju dengan hay kel, kalau baca2 infowars, zerohedge , dll. Sistem Ekonomi Riba saat ini ujungnya akan menuju Collapse, tinggal kapannya yang tidak ada yg bisa pastikan. Uang Komoditi yangg terbukti ribuan tahun harusnya lebih terpercaya dibanding uang kertas apalagi uang digital di awang2 :-). Sampai kapan para bankster itu bisa menipu dan mencetak uang-uangan itu :-)

Anonymous said...

Pak Is mohon di analisa dong potensi crypto currency yang sepertinya lagi mau di goreng menggantikan bubble komoditi, properti dan emas. kira-kira bagaimana peluangnya pak IS? Bitcoin mulai banyak dilirik oleh Hedge fund besar thanks

Imam Semar said...

Sudah lama saya tidak melongok ke bitcoin. Waktu itu sudah crash. Apakah bangkit lagi?

Imam Semar said...

Iya tuh..... dari 10000 thn 2013 sekarang cuma 250an..... dan kelihatannya masih lama bangkitnya.

Anonymous said...

soal pertumbuhan ekonomi apakah itu adalah pure pertumbuhan atau jangan2 kontraksi ?

soalnya saya membandingkan dengan target penjualan di perusahaan2.

jika, kenaikan omzet dalam rupiah karena kenaikan nominal harga per-unit barang = 10%, padahal kenaikan penjualan dalam unit barang = 0%, apakah benar2 ada pertumbuhan ?

apakah bukannya sebenarnya pertumbuhan = inflasi ?

jika harga naik tapi penjualan unit menurun, bukannya itu kontraksi ?

sigit said...

Tentang daging babi haram dan ulama manusia menyimpulkan semua haram termasuk telinga, organ, lemak, jantung adalah karena dna babi. Ada ulama muslim di perancis yang memjelaskan bahwa ketika manusia menggunakan bagian apapun dari babi ke dalam tubuh manusia maka bagian dna babi akan berkombinasi dengan dna manusia. Dan dalam dna babi ada sifat seks menyimpang yaitu membiarkan babi jantan saling bekerjasama atau bergantian dengan babi jantan lainnya untuk menyetubuhi babi perempuan. Penyimpangan ini akan terbawa pada manusia yg menggunakan produk bagian babi. manusia laki2 akan memfasilitasi laki2 lain untuk menyetubuhi istrinya atau pasanganya. Naudzubilla himindzalik...

Sigit said...

Dulu saya begitu antusias dengan tulisan pak Imam. Namun setelah saya renungkan , ternyata cerita ini hanyalah cerita hiburan krn meskipun ada indikasi prediksi tetapi selalu di ikuti disklaimer nya. Sekarang Saya sekedar cari hiburan di blog ini krn kalo ikut2an prediksi blog pikiran gak tenang. Untuk menyelamatkan aset saya sudah menemukan cara terbaik yang Alloh SWT tulis di Al Quran yaitu sholat dan sedekah. Kita ingin Harta berapa pun tinggal minta ke Alloh. Misal dulu pegang USD murah 8.500 senilai 500jt trus nunggu 17.000 butuh 2.5 tahun, aduh... lama sekali. Mau rumah , mobil , kerja santai gaji besar , atau apapun tinggal minta ke Alloh. Minta harta 1 jt ya cukup keluarkan sedekah 100rb. Mau 1M ya tinggal sedekah 100jt. Lama waktu dikabulkan tergantung kegigihan sholat dan amal sholeh kita. Makin kecil makin cepat. Gambaran dari para pelaku sedekah yg sudah di beri Alloh adalah rata2 1M butuh waktu 1.5tahun - 2tahun. Bagi saya itu sangat pantas utk diperjuangkan. Akhir kata, saya tetep apresiasi pak Imam yang telah memberi hiburan dengan menyebut kekuasaan Alloh SWT. Dan saya tetap jadi pembaca setia, hehehe...

Anonymous said...

@ pak sigit "maka bagian dna babi akan berkombinasi dengan dna manusia" do you even know what is DNA ?
kalau segampang itu merubah DNA, semua sudah jadi superman pak
kalau mau joke please joke yang lebih mendidik

Reader said...

Kapok dah peserta JHT di BPJS. Harus tunggu umur 56 th baru bisa cairkan semua uang hak mereka.

Suasana hati mirip2 dengan deposan yg gak bisa menarik uang mereka di bank.

:(

ke depannya, jurus apa lagi ya bisa dipakai negara utk menunda pembayaran uang ke masyarakat yg berhak???????


Anonymous said...

@reader ,lha bodo amat,yg penting gw bisa beli alutsista baru..hihihi

tbdermawan said...

Tentang daging babi beserta produk2 babi lainnya para ulama sdh sejak dahulu kala ber-Ijma tentang keharamannya.
semenjak beberapa ayat2 alquran (QS2:173, QS5:3, QS6:145, QS16:115) yg mengharamkan daging babi turunpun Rasulullah saw dan para sahabatnya tidak ada meriwayatkan hadits yang menghalalkan sebagian dr babi (kuping, mata, hidung, jantung, lemak, tulang, dll) untuk dikonsumsi ataupun mencontohkan mengkonsumsi, kecuali dalam keadaan terpaksa dan tidak berlebihan maka diampuni Allah.

dari sekian banyak kemudharatan babi, namun fitrahnya setiap makhluk di semesta ini punya tugas masing-masing. Bukan hanya itu, setiap partikel terkecil di kosmos ini punya fungsi tersendiri. Artinya, tidak ada makhluk di alam ini kecuali punya misi yang mereka sedang jalani. Olehnya itu, mereka adalah petugas Rabbânî yang menjalankan misi ketuhanan.

Berangkat dari sini, bahwa babi fitrahnya adalah petugas Cleaning Service gratis yang membersihkan wajah bumi dari pelbagai bentuk kotoran. Olehnya itu, dengan menyadari fitrah penciptaannya, ia melahap kotorannya sendiri dan kotoran manusia. Andai saja tahinya yang tercecer itu tidak dilahap kembali, maka siapa lagi yang akan memungutnya? Kotoran, sampah, dan limbah manusia merupakan isu global yang butuh penanganan serius dan belum terpecahkan sampai pada detik ini. Olehnya itu, wahai mereka yang lalai! Sadar dan pujilah Allah yang membantu kalian mengatasi masalah rumit tersebut! Babi itu tahu diri, bahkan ia ikut sibuk dan turut andil mengentaskan polusi udara oleh ulah tangan kalian sendiri.

Di lain sisi, babi telah menjadi cermin terhadap manifestasi keagungan Sang Maha Bersih, Maha Mengurus, Menjaga keseimbangan kosmos, dan Maha Bijak. Ia mencerminkan sinar-sinar ketauhidan yang terpadu. Ia merupakan ukiran-ukiran keagungan dan ketinggian sifat-sifat Allah tersebut.

Hewan ini pun tidak tinggal diam untuk melukiskan makna-makna kehidupan. Ia seperti menyapa Anda dengan begitu lembutnya dan berkata: “wahai khalifah Allah! Janganlah kalian menyerupai diriku! Jika aku malas kalian harus rajin, jika aku penakut kalian harus pemberani, jika aku terlalu berlebihan melakukan hubungan intim maka kalian wajib menempatkan nafsu sesuai dengan batasan-batasan syariat. Jika kalian seperti ini maka niscaya kalian menjadi insan-insan Rabbânî. Akan tetapi, jika kalian menyerupai diriku maka kalian lebih rendah dariku. Aku menjalankan fungsi kehidupan dan ketauhidan dengan sempurna, tetapi kalian lalai dan lupa diri oleh nafsu.”

Sebenarnya babi bukan ancaman bagi manusia. Bahaya yang datang darinya lahir dari ulah tangan-tangan jahil. Mereka telah melanggar kesepakatan syariat-syariat Allah yang mengharamkannya. Seandainya Anda tidak menyentuhnya maka ia pun dengan sendirinya enggan menyakiti Anda. Akan tetapi, Anda sakit karena telah mengabaikan aturan tersebut. Biarkan dia menjalankan misi kebersihan wajah dunia yang diemban fitrahnya! Biarkan dia memancarkan kilau ketauhidan sebagai manifestasi keagungan dan kemuliaan Zat-Nya yang Maha Bersih, memelihara, menjaga, dan Maha Bijak! Biarkan mereka melantunkan tasbih ketauhidan dengan membantu Anda menjaga kebersihan dan Jangan sekali-kali menyakiti mereka dengan menyembelih dan memakannya! Anda patut dihukum karena melanggar larangan. Bukan hanya itu, tapi Anda telah menghapus pahatan-pahatan ketauhidan dan renda-renda kehidupan yang tengah dilakoninya. Hematnya, Hikmah-hikmah ini menghendaki babi tercipta. Bukankah seribu satu kebaikan lebih diutamakan penciptaannya dari satu keburukan yang belum pasti?

Anonymous said...

@sigit

mantep... DNA babi bisa jadi satu dengan DNA manusia.... berarti pak sigit pernah makan kambing kan pasti pas idul adha... berarti uda jadi manusia kambing dong pak?

Anonymous said...

Sy ada pertanyaan,saat seorang mengucapkan syahadat yg intinya bersaksi tiada tuhan selain allah muhammad rasul allah,gimana bisa org bersaksi kalau dia bahkan tidak pernah melihat seperti apa bentuk tuhan ini,apa benar ada,bertemu jg belum pernah,tp kok anda bs bersaksi?
Apalagi mualaf2 pada saat muhammad,umar tempo dulu menyerang dan memualafkan negara yg sudah ditaklukkan dgn dalih jihad ke negara lain dan memaksa mereka memeluk islam,atau saat teroris dgn dalih berjihad memaksa org kafir mengucapkan hal tersebut

Sigit said...

@anonymous berdua...
mohon yg expert ilmu DNA bisa mencerahkan disini, sedekat apa DNA babi dan DNA manusia. Saya hanya mengutip pernyataan Ulama perancis yg sudah di validasi oleh ahli DNA di sana. Bagi yg baru belajar DNA silakan bandingkan DNA babi , DNA manusia, DNA kambing. Tanya ke mbah google juga boleh... Kode DNA kambing jauh berbeda dengan DNA manusia bahkan tidak mirip sehingga sangat sulit terjadi kombinasi. Jadi saya tidak menjadi manusia kambing.. hehehe. Tapi Kode DNA babi dan DNA manusia sangat mirip. Hanya butuh proses mutasi penyesuaian protein, maka DNA babi dan DNA manusia akan menyatu. Silakan cari bukti ke profesor DNA kalo masih penasaran krn saya ahli mesin ketik, bukan ahli DNA.
JOke ? Ya.. ini joke yg mendidik. Bagi yg bertanya "SEMUDAH itu DNA Babi berkombinasi dengan DNA Manusia", silakan tanya ke profesor DNA, dan Anda akan terkejut jawabannya. Saya jamin DNA babi ini tidak ada kaitannya dengan SUPERMAN karena barangkali si Superman menolak diteliti DNA nya oleh para ahli... hehehe... Joke right ?

Sigit said...

@anynomus berdua... Ada RALAT kata KOMBINASI DNA saya ganti dengan DNA BABI MEMPENGARUHI...dst. Jadi tidak ada kombinasi DNA. Yang benar maknanya DNA babi mempengaruhi DNA manusia dalam banyak kode-informasi yang mengatur sifat perilaku seksual, aroma keringat, pembentukan lemak dibawah kulit dan sebagainya. DNA babi dan manusia tidak saling menyatu, demikian juga DNA kambing dan DNA masusia. Jadi hasilnya tetap tidak ada manusia kambing atau manusia Babi... dan juga tetap tidak ada SUPERMAN, hehehe...
Maafkan saya salah memahami artikel sumber bacaan saya tentang DNA babi. Dan terimakasih atas kritikannya.

Anonymous said...

maaf mas sigit, minta link atas pernyataan2 di atas.
yg ilmiah atau empiris ya, jangan yg spiritual/mistik.