___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Sunday, February 8, 2015

Pecat Pembantu Indonesia mu (Fire Your Indonesian Maid)



(Paska Gejolak 2014 – 2020: Budak Sudah Datang, Pecat Pegawaimu)


Di awal bulan Februari 2015, jajaran pemerintahan kebakaran jenggot karena ada advertensi vacuum cleaner di Malaysia yang berbunyi:
Fire Your Indonesian Maid Now!
Pecat pembantu Indonesia mu Sekarang Juga!
Maksudnya mungkin, vacuum cleaner yang ditawarkan bisa menggantikan pembantu. Dan advertensi ini, menurut orang-orang di  jajaran pemerintahan, menyinggung harga diri bangsa.
Sepanjang sejarah, posisi budak selalu ada dalam peradaban. Secara perlahan-lahan budak hilang secara formal, tetapi secara fungsi masih ada. Mereka yang punya uang, akan terus memerlukan layanan dan status dilayani. Para aktivis kiri, leftists, sering memadankan posisi pembantu sebagai posisi budak. Pemadanan ini hanyalah menunjukkan bahwa posisi pembantu (dan buruh kasar) tidak banyak mempunyai posisi tawar (bargaining position). Jumlah manusia yang memiliki skill, keterampilan seperti mereka sangat banyak, dan bisa dikatakan melebihi permintaan. Secara sepintas pemilik skill semacam ini punya keterpaksaan untuk bekerja dengan gaji minimal. Mereka terpaksa menelan tawaran gaji yang diberikan oleh calom majikannya tanda banyak pilihan.
Ketiadaan pilihan ini sebenarnya tidak boleh dianggap sebagai persyaratan cukup (sufficient condition, ini jargon matematika dan ilmu logika) untuk mengkelasifikasikan pembantu ke dalam golongan budak. Saya juga tidak saat ini tidak (mungkin belum) punya pilihan lain kecuali bekerja untuk perusahaan tempat saya berkerja sekarang. Dan saya tidak sendiri. Dengan harga minyak yang cenderung menurun dari puncaknya di $145 pada 11-Juli-2008, perusahaan eksplorasi dan eksploitasi semakin berhati-hati dalam rekruitmen. Apalagi sejak, kejatuhan yang dimulai pada bulan Juni 2014 yang kemudian menembus level $50, pindah kerja dan bargaining power pekerja semakin kecil. Yang saya inginkan sangat sederhana yaitu 4 tahun kontrak dan tingkat gaji di level 2 tahun lalu serta dalam US dollar. Jadi dengan terpaksa kita harus menelan apa yang ditawarkan, walaupun tidak suka dan dengan ganjalan di hati.
Bagi yang berani, mereka mencari tempat dimana mereka punya bargaining position yang lebih baik, menjadi TKW/TKI di Malaysia, Singapura, Hongkong dan Timur-Tengah. Ini tidak berlaku untuk saya dan teman-teman professional lainnya, karena lowongan pekerjaan di sana sedang menyempit.
Gejolak dan goncangan ekonomi, sering kali melahirkan kultur baru. Penyerapan kultur-kultur baru adalah sebagai akibat dari proses alam, yang kadang-kadang disebut dengan proses modernisasi. Penyerapan atau adopsi dari inovasi-inovasi yang ada akan dipercepat dengan adanya krisis dan goncangan ekonomi. Inovasi-invovasi yang sudah ada tetapi belum bisa diserap oleh budaya masyarakat akan diserap dan menjadi standard menjadi umum. Gerakan
“Pecat pembantumu, budakmu telah datang”
bukan mustahil akan menjadi trend di masa yang tidak lama lagi. Teknologinya sudah diperkenalkan. Bukan hanya pembantu yang terkena tetapi supir, tukang bangunan, dokter, dosen. Dan mereka akan digantikan oleh budak-budak modern. Yang sudah terjadi adalah pecat (sebagian) teller bank dan pramuniaga mu. Ini merupakan bagian proses perjalanan alam yang tidak bisa dibendung.
Setahun yang lalu, saya masih mempunyai 7 domestic helpers, yaitu 2 orang supir, 2 orang pembantu wanita, 1 orang tukang kebun merangkap pembersih rumah, serta 2 orang satpam. Sedangkan anggota keluarga hanya 4 orang yaitu saya istri dan seorang anak serta seorang mertua. Saya memang sudah lama merencanakan mengurangi budget pengeluaran. Dan untuk itu saya membeli rumah yang ukurannya lebih kecil dengan halaman yang lebih luas atau sama, yaitu 1000 – 2000 meter persegi. Penataan rumah di rencanakan sedemikian rupa sehingga pengeluaran bisa ditekan. Berikut ini beberapa pokok perubahan:
  1. Pintu gerbang dan garasi elektronik, yang tidak memerlukan orang untuk membuka atau menutupnya ketika mobil masuk
  2. Dua (2) anjing doberman sebagai penjaga keamanan
  3. Lampu-lampu diganti dengan lampu LED yang pemakaian listriknya rendah. Lampu-lampu halaman dan yang ada di luar rumah, dipasangi sensor cahaya, yang akan menyalakan lampu ketika hari gelap dan mematikannya ketika hari terang secara otomatis.
  4. Rumput taman adalah rumput gajah-mini yang tidak perlu sering-sering dipotong, serta tanaman yang tidak perlu banyak perawatan
Sekarang domestic helpers saya tinggal 2 orang saja. Keduanya adalah supir. Yang satu bertugas mengantar saya ke kantor. Yang lain untuk di rumah dan merangkap sebagai tukang bersih rumah serta halaman. Untuk yang terakhir ini orangnya rajin dan tidak gengsi. Karena pekerjaannya banyak, maka gajinyapun lebih besar dari pada rekan-rekannya. Sebenarnya saya masih perlu 1 pembantu lagi, tetapi tidak terlalu essensial. Oleh sebab itu istri saya mencarinya dengan santai saja.
Ada beberapa hal yang masih dalam perencanaan, yaitu membeli robot vacuum cleaner, sedangkan mesin cuci piring, mesin strika skala industri, serta beberapa mesin lagi masih dalam fase evaluasi. Dengan anak 1 orang dan jarang makan di rumah, istri jarang masak, maka justifikasi mesin cuci piring agak sulit. Catatan: istri dan saya tidak makan malam, sedangkan makan siang dan sarapan tidak di rumah. Sedangkan anak sarapan di mobil dan masih makan malam. Untuk strika baju (pekerjaan yang menyebalkan), juga sulit membuat justifikasi karena kecilnya volume baju yang harus distrika. Akan lebih ekonomis jika dikirimkan saja ke laudry-kiloan.
Perubahan suasana yang cukup besar seperti yang saya alami memerlukan kesiapan mental. Hal ini saya lakukan secara bertahap. Pada akhirnya nanti, banyak pekerjaan di rumah akan dilakukan oleh mesin dan robot.
Suatu hal yang positif mengenai robot dan mesin adalah mereka tidak punya serikat buruh, tidak menuntut kenaikan gaji, tidak mogok kerja, berkerja dengan persisi tinggi dan aggresif (mengerjakan sesuatu dengan cepat tanpa mengenal bosan) cocok untuk produksi dan pelayanan massal. Dan ini (robot-robot) akan menjadi pilihan di masa datang. Beberapa applikasi saat ini dan dimasa lalu seakan menjadi prelude atau pembukaan menuju masa datang.
Kalau pembantu sering diassosiasikan dengan budak, maka robot adalah budak yang sesungguhnya. Secara etimologi, kata robot berasal dari bahasa Ceko robotnik yang artinya budak. Kata ini dipopulerkan oleh Karel Capek, melalui sandiwara teaternya tahun 1920 yang berjudul “R.U.R” – singkatan dari “Rossum’s Universal Robots”.
Adanya advertensi Fire Your Indonesian Maid Now! Di Malaysia secara kebetulan bisa membangkitkan pikiran EOWI kristalkan pemikiran-pemikiran untuk laman Paska Gejolak 2014 - 2020 dan mewujudkan dalam bentuk tulisan dengan alur cerita yang baik. Sebagai ekor dari gejolak ekonomi 2014 – 2020, pelaku bisnis akan mencari jalan untuk menekan biaya dan melakukan berbagai effisiensi. Tidak hanya kalangan manufakturing, tetapi juga kalangan rumah tangga dan konsumen akan mengadopsi robot dan otomatisasi. Apa yang saya lakukan untuk mengurangi domestic helpers dari 7 menjadi 3 orang adalah langkah awal. Insya Allah akan ada beberapa seri tulisan yang bertema: Paska Gejolak 2014 – 2020: Pecat, Pecat, dan Ganti dengan Budak

Pecat  Para Teller Bank (Tahun 1998 – 2000)

Dulu, tahun 1982, ketika saya masih kuliah di Toronto, Canada, saya sudah menggunakan kartu ATM untuk menarik uang atau mendeposit check. Tentu saja pada masa itu ATM hanya ditempatkan di depan bank dan tidak betebaran dimana-mana karena internet belum ada. Pada masa itu LAN (local area networks) sudah ada. Kemungkinan ATM-ATM itu dihubungkan ke pusat pencatatan (database) dengan LAN.
Ketika saya kembali ke Indonesia di akhir tahun 1985, saya bekerja di sebuah perusahaan, gaji saya masih dibagikan di dalam amplop coklat, setiap bulan. Kemudian sebagian saya berikan ke istri dan sebagian saya simpan di laci lemari baju yang berkunci. Pada saat itu, punya rekening bank di Indonesia masih belum membudaya. Paling-paling hanya rekening tabungan yang ribet. Bagaimana tidak dibilang ribet, kalau punya duit harus setor ke bank yang memakan waktu 60 menit termasuk menunggu antrian. Kalau perlu uang, maka harus ke bank lagi untuk menarik uang. Terlalu banyak waktu yang habis untuk bolak-balik ke bank. Hanya yang berbisnis saja yang diuntungkan oleh rekening giro dengan kemudahan check sehingga tidak perlu bolak-balik ke bank untuk bertransaksi. Cukup dengan menggunakan check saja.
Saya menggunakan bank kembali ketika dipindah ke Singapore tahun 1988, karena gaji saya tidak dibagikan di dalam amplop coklat, melainkan ditransfer ke rekening di bank.
Saya baru punya rekening bank di Indonesia tahun 1992, ketika perusahaan tempat saya bekerja memberlakukan pembagian gaji dengan transfer bank. Tetapi ATM masih belum ada.
Tahun 1997, saya pindah ke Scotland, UK. Disana kartu ATM, debit card sudah membudaya. Waktu itu bank saya adalah Westminster Bank. Awalnya saya agak gumun (Bhs. Jawa yang artinya terkagum-kagum) dengan kartu yang berlaku tidak hanya di ATM di depan bank tetapi dimana-mana itu. (Harap maklum, karena Internet di Indonesia waktu itu masih baru). Debit card atau kartu ATM yang dikeluarkan oleh bank-bank Inggris (UK), berlaku di semua tempat yang ada jaringan ATMnya, dari mulai UK, Polandia, Prancis, Belanda, Turki, Jordania,......sampai ke Saudi Arabia. Yang terakhir ini sering macet (waktu itu). Walaupun saya punya kartu kredit dan traveller check, tetapi jika sedang jalan-jalan ke negara-negara Eropa, Timur Jauh (Turki) dan Arab, praktis kartu debit lah yang saya gunakan, karena tidak perlu menunjukkan identitas diri (pasport).
Ketika saya kembali ke Indonesia, tahun 2000, bank-bank yang berhasil lolos dari krismon, sudah mulai mengadopsi budaya ATM.  
Bisa dibayangkan bagaimana lambatnya suatu masyarakat (Indonesia misalnya) untuk bisa mengadopsi suatu teknologi. Untuk memulainya perlu adanya pemicu. Pada kasus ATM di Indonesia, pemicunya adalah krisis moneter yang memaksa bank-bank untuk mengurangi (baca: memecat) pegawainya sebagai bagian dari effisiensi. ATM adalah robot, budak yang bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Tidak ada hari libur bagi budak bank ini. ATM loyal pada majikannya (tidak punya keinginan pindah majikan), tidak pernah menuntut kenaikan gaji atau menuntut uang pesangon ketika diPHK atau dipensiunkan. Mana ada teller bank manusia yang mau bekerja seperti ATM. Tetapi bagi bank di Indonesia, perlu waktu lebih dari 3 dekade (30 tahun) untuk menyadari hal ini. Sebagai catatan, ATM yang pertama diinstall adalah di Inggris pada tahun 1967.
Pemandangan di bank-bank saat ini berbeda dengan saat 30 tahun lalu (tahun 70an) dan sebelumnya. Dulu, 30 tahun lalu dan sebelumnya, bank selalu penuh antrian. Terlebih pada saat pergantian bulan, saat gajian, dimana sebagian orang akan menyetorkan uang tabungannya, atau mengambil uang untuk membayar gaji. Sekarang di dalam bank-bank jauh lebih sepi. Tidak banyak loket-loket (counter) yang melayani nasabah. Tidak banyak teller yang diperlukan. Saya ingat, tahun 1970an ketika saya setiap bulan mengambil kiriman uang dari orang tua di bank Panin di jalan Otista Bandung. Bank itu punya 25 loket pelayanan!!! Dan bagi saya perlu waktu 1 jam untuk mengambil uang. Saat ini, bank-bank seringnya sepi nasabah yang melakukan transaksi. Mungkin ada kekecualian bagi BCA, yang antriannya hampir selalu panjang. Sampai-sampai teman-teman saya memelesetkan akronim BCA menjadi Bank Capek Antri. Entah kenapa, BCA tidak ikut “ATM Bersama”, sehingga nasabahnya bisa menggunakan ATM bank-bank lain tanpa dikenakan biaya. Mungkin hanya karena jajaran managemennya sombong.
ATM adalah hal yang sederhana, robot yang merubah tata-kerja suatu bisnis. Dulu bank-bank memerlukan banyak pegawai teller.Ketika management bank tersadarkan akibat krisis moneter, mereka kemudian menggantikan pegawainya (teller) dengan robot, mesin-budak yang bisa bekerja 24 sehari, 7 hari seminggu tanpa mengenal lelah, tidak pernah mogok/protes, tidak pernah minta kenaikan gaji dan tidak punya serikat buruh.
Sekian dulu, sampai nanti di lain topik tentang pecat pegawaimu dan gantikan dengan mesin budak alias robot. Pecat pramuniagamu, pecat perakit mobil, pecat pembantumu, pecat supirmu, pecat pegawai delivery-mu, pecat jagalmu, pecat tukang bangunanmu, pecat doktermu, pecat dosenmu......, pecat, pecat, pecat.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

16 comments:

Donny Kurnia said...

Tahun 1998 saya sudah punya rek tabungan BNI dan sudah diberikan kartu ATM. Kartunya sudah masuk jaringan Cirrus dan Maestro, jadi bisa digunakan di ATM lain dalam jaringan yang sama walaupun akan kena biaya transaksi. Waktu itu, masih umum dijumpai ATM yg mengeluarkan pecahan 20rb. Dan saya setuju bahwa krismon yg mendorong perkembangan ATM.

Anonymous said...

Saya Saifudin dari kota semarang. Kalau menurut pikiran waras,kalau semua pegawai dipecat,nanti banyak pengangguran,artinya banyak orang tidak punya uang.Akibatnya apa? Jual beli dan perdagangan jadi sepi.Kalau sepi maka pabrik pabrik yang berobot itu akan berhenti produksi karena barangnya tidak laku disebabkan orang pada nganggur yang tidak punya uang sehingga tidak bisa membeli barang. Kalau sampai ribuan pabrik yang tutup, robot robot akan istirahat dan nganggur.Akhirnya akan terjadi krisis ekonomi lagi.Bagaimana supaya tidak terjadi krisis seperti itu? Jawaban mudah sekali, yang nganggur kasih uang dong, he he he....

Imam Semar said...

Mas February 9, 2015 at 7:39 AM,

Tidak perlu takut....., ATM sudah ada di Inggris tahun 1967, di US tahun 1968 dan di Canada tahun 1969. Toh tidakj ada ribuan pabrik (bank) yang tutup karena tidak ada demand. Orang akan bekerja di sektor lain, dengan pekerjaan lain.

Percayalah, bahwa Tuhan tidak akan lupa memberi rizki bagi ciptaannya (yang mau berusaha).

Robot-robot ini malah membuat hidup kita makmur. Bayangkan, setiap minggu anda harus antri berjam-jam untuk mengambil cash.

Anonymous said...

Berarti kasus pecat pembantu Indonesiamu yang ditayangkan di Malaysia memberitahukan hal yang lumrah kalo pembantu disana kebanyakan berasal dari Indonesia. Tinggal ditunggu kapan semua di otominisasikan

Anonymous said...

Pak is ini ada petikan artikel yg cukup gawat sptnya di bahas dong pak

JAKARTA, KOMPAS.com - Strategi Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mengejar setoran pajak melalui sejumlah peraturan, mulai menuai polemik. Salah satunya adalah kebijakan Ditjen Pajak yang menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak (Perdirjen) Nomor PER-01/PJ/2015 tentang pemotongan pajak deposito yang terbit pada 26 Januari 2015 lalu.  

Dalam beleid itu, ditjen pajak mewajibkan perbankan menyerahkan data bukti potong Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) deposito dan tabungan milik nasabahnya secara rinci. Misal, nasabah pemilik deposito 100 deposan, maka yang wajib dilaporkan harus 100 deposan. Selama ini, perbankan memberikan data bukti potong PPh deposito dan tabungan tidak menyertakan bukti potong setiap nasabah.

Nah, dengan formulir yang lebih rinci, petugas pajak bisa mengetahui jumlah deposan.

Anonymous said...

bang semar kapan artikel barunye meluncur?
sekalian bahas sandera pajak dan konflik ahok vs dprd dong

Harga Emas Antam said...

Good info kapan ada artikel baru tambahan udah 1 bulanan mas belum nulis lagi

Nulis apbd dki dong.....

debra morgan said...

Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
$ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
di: morgan debra 1986@gmail.com
Tuhan Memberkatimu.
Salam,
Mrs Morgan debra
Email: morgandebra1986@gmail.com
Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

Morris Ceruloloanfirm said...


Selamat datang di Moriss Cerulo pinjaman perusahaan
(Kami adalah melayani Anda untuk semua kebutuhan Anda keuangan)
Moriss Cerulo pinjaman perusahaan menyediakan pinjaman pada tingkat bunga sangat rendah 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, hutang konsolidasi pinjaman, modal ventura, pinjaman Bisnis, pinjaman pendidikan, rumah pinjaman, dan pinjaman untuk alasan apapun dan kebutuhan mendesak!. dengan durasi maksimum 15 tahun. Telah Anda pernah ditolak oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki buruk kredit? Anda punya tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu membuat sebuah bisnis? Khawatir lagi seperti yang kita di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah.
Pinjaman kami berkisar dari $10,000-USD (sepuluh ribu US Dollar) untuk $20, 000,000.00. (Dua puluh juta US Dollar). Kami juga meminjamkan dalam semua mata uang di dunia!!
Hubungi kami hari ini di morissceruloloanfirm@gmail.com

Jika Anda memahami bahasa Inggris yang ramah negara untuk memudahkan komunikasi.

Formulir aplikasi pinjaman:
NAME: ________________________________

ADDRESS: _____________________________

COUNTRY: _____________________________

WORK: ________________________________

JUMLAH YANG DIPERLUKAN: ___

TUJUAN PINJAMAN: ___

DURASI WAKTU PINJAMAN: ___

PENDAPATAN BULANAN: ___

PHONE: ________________________________
Silahkan hubungi kami melalui E-mail:morissceruloloanfirm@gmail.com
Tn. Moriss Cerulo (CEO)

IBU TIJA said...

Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

IBU TIJA said...

Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

Mrs Jennifer said...

Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
(2) Negara:
(3) Alamat:
(4) Kota:
(5) Sex:
(6) Status Pernikahan:
(7) Bekerja:
(8) Nomor Ponsel:
(9) Penghasilan Bulanan:
(10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
(11) Jangka waktu pinjaman:
(12) Tujuan Pinjaman:

Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

Mrs Jennifer said...

Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
(2) Negara:
(3) Alamat:
(4) Kota:
(5) Sex:
(6) Status Pernikahan:
(7) Bekerja:
(8) Nomor Ponsel:
(9) Penghasilan Bulanan:
(10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
(11) Jangka waktu pinjaman:
(12) Tujuan Pinjaman:

Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

Theresa Theresa said...

Apakah Anda pikir untuk mendapatkan bantuan finansial, Apakah Anda serius yang memerlukan pinjaman langsung, di sana Anda berpikir untuk memulai Anda sendiri komersial, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk Mencapai keinginan Anda Karena Kami menyediakan pinjaman pribadi, pinjaman komersial dan korporasi pinjaman, dan segala macam faedah pinjaman pada tingkat sebanyak 2%, kami menjamin semua pelanggan kami mengurus komersial transparan.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang melalui e-mail: Theresaloancompany@gmail.com

Isyarat peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Jenis Kelamin: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Diperlukan: _______
Periode pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor telepon Bimbit: ________

Theresaloancompany@gmail.com
Ibu Theresa

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Richardson McAnthony said...


We are a Finance Industry Company professionals with over 15 Years Experience and a focus on providing Bank Guarantee and Standby Letter of Credit from some of the World Top 25 Prime Banks primarily from Barclays, Deutsche Bank, HSBC,Credit Suisse e.t.c.

FEATURES:
Amounts from $1 million to 5 Billion+
Euro’s or US Dollars
Great Attorney Trust Account Protection
Delivered via MT760, MT799 and MT103 Swift with Full Bank Responsibility
Brokers Always Protected

Purchase Instrument of BG/SBLC : 32%+2% Min Face Value cut = EUR/USD 1M-5B
Lease Instrument of BG/SBLC : 4%+2% Min Face Value cut = EUR/USD 1M-5B

Interested Agents/Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request.


We Facilitate Bank instruments SBLC for Lease and Purchase. Whether you are a new startup, medium or large establishment that needs a financial solution to fund/get your project off the ground or business looking for extra capital to expand your operation,our company renders credible and trusted bank guarantee provider who are willing to fund and give financing solutions that suits your specific business needs.

We help you secure and issue sblc and bank guarantee for your trade, projects and investment from top AA rated world Banks like HSBC, Barclays, Dutch Ing Bank, Llyods e.t.c because that’s the best and safest strategy for our clients.e.t.c

DESCRIPTION OF INSTRUMENTS

1. Instrument: Funds backed Bank Guarantee(BG) ICC-600
2. Currency : USD/EURO
3. Age of Issue: Fresh Cut
4. Term: One year and One day
5. Contract Amount: United State Dollars/Euros (Buyers Face Value)
6. Price : Buy:32%+1, Lease: 4%+2
7. Subsequent tranches: To be mutually agreed between both parties
8. Issuing Bank: Top RATED world banks like HSBC, Barclays, ING Dutch Bank, Llyods e.t.c
9. Delivery Term: Pre advise MT199 or MT799 first. Followed By SWIFT MT760
10. Payment Term: MT799 & Settlement via MT103
11. Hard Copy: By Bank Bonded Courier


Interested Agents,Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request.



Name:Richardson McAnthony
Contact Mail : intertekfinance@gmail.com