___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, October 18, 2010

Bearish Triangle

Beberapa minggu ini, EOWI absen. Saya memang tidak sempat meng-update blog. Ada beberapa interview, kemudian ke Singapore untuk medical check-up, lalu ada 2 keponakan yang punya hajatan dan harus jadi “among-tamu”, dan karena kecapekan akhirnya ambruk juga. Kena flu. Rasanya badan lemas, persendian sakit dan lidah pahit. Sampai sekarang, lidah masih terasa pahit, walaupun minum gula atau makan coklat.

Kemarin seorang ipar sedang bikin pesta keluarga dan bakar steak. Dagingnya..., katanya harganya Rp 1.5 juta per kg. Saya heran juga, kok ada daging sebegitu mahalnya. Mungkin ini yang disebut Kobe Beef. Setahu saya daging sapi yang termahal yang pernah saya makan adalah wagiyo, yang harganya di sekitar Rp 500 ribu per kg. Saya tidak terlalu suka karena banyak lemaknya diantara serat-serat daging (otot)nya. Wagiyo kalau digoreng atau dipanggang akan mengeluarkan minyak/lemak seperti daging babi. Makan daging berlemak, kalau tidak pandai memasaknya akan bau. Misalnya, yang paling jelas adalah kambing. Kalau makan sup kambing yang dimasak dengan banyak lemaknya, maka rasanya seperti makan ksup di kandang kambing. Untuk sapi kasusnya hampir sama. Oleh sebab itu saya tidak suka wagiyo. Karena saya sedang sakit, saya tidak datang dalam acara makan-makan keluarga itu. Tetapi istri saya membawa, steak mentah pulang, untuk saya kalau sudah sehat dan bisa merasakan makanan (sekarang masih terasa pahit di lidah).

Selama beberapa minggu, market tidak banyak berubah arahnya, oleh sebab itu, saya pikir tidak postingpun tidak apa-apa. Tetapi, minggu ini mungkin angin balik di beberapa sektor mungkin bisa berhembus. Minggu mendatang posting mungkin agak singkat karena mau merapikan email dan blog. Itu yang akan saya jadikan prioritas. Saya yakin email saya sudah ada ribuan email yang belum dibaca.

Posting kali ini, saya lebih cenderung sebagai tutorial saja. Tetapi ada relevansinya dengan kondisi pasar saat ini. Judulnya adalah Bearish Triangle, dan sebagai contoh soalnya adalah sektor emas. Pengambilan contoh soal ini relevan untuk saat ini karena emas saat ini nampak overbought untuk siklus long termnya, kalau terjadi koreksi maka koreksinya akan cukup lama.

Pola segitiga, triangle price pattern dikenal dalam analisa teknikal. Bisa bersifat bullish, bisa juga bearish dan bisa juga tergantung pada trend utamanya.

Chart-1 adalah chart mingguan emas dari mulai tahun 1999 sampai 10ctober 2010 (1 minggu lalu). Di Chart-1 ini tertera 5 bullish triangle kecil dan 1 bearish triangle besar (segitiga III-IV-V atau segitiga 1-2-5). Suatu yang menarik ialah, setelah pola segitiga (price triangle) ini berakhir terjadi perubahan trend. Untuk yang diberi label bullish, trendnya naik. Dan untuk price triangle yang terakhir (III-IV-V) masih belum berlanjut.

5 segitiga kecil pada chart ini berbeda dengan segitiga besar (III-IV-V). Ke dua sisi atas segitiga-segitiga kecil ini satu mengarah ke atas dan satu lagi mengarah ke bawah. Sedangkan untuk segitiga besar (III-IV-V) kedua-duanya mengarah ke atas. Pola trading (price triangle) seperti ini disebut bearish triangle, karena bisa dijadikan patokan bahwa harga asset yang diperdagangkan nantinya akan jatuh. Dan jatuhnya secara umum di bawah “pivot point”.

Kalau segitiga besar (III-IV-V) maka ke 5 segitiga kecil ini sebenarnya tidak bisa disebut bullish triangle. Sebab pola berikutnya tidak selalu naik (bullsih) melainkan hanya melanjutkan tren utamanya. Karena trend utama dari emas sejak tahun 2000 adalah bullish, maka 5 segitiga ini disebut bullish triangle. Kalau trend utamanya bearish, maka pola berikutnya akan bearish.


Chart 1

Contoh lain dari bearish triangle bisa dilihat pada Chart-2 untuk Dow Industrial bulan Juli-Agustus 2010. Terlihat kedua sisi atas dan sisi bawah segitiga ini mengarah ke atas. Dan setelah keluar dari pola trading ini maka harga akan jatuh menembus “pivot-point”, walaupun hanya sedikit.


Chart 2

Kalau dikaitkan dengan prinsip Elliot Wave pada price triangle ini, biasanya harga perdagangan akan membentur sisi atas dan sisi bawah sebanyak 5 kali atau 7 kali atau 9 kali. Yang sering adalah 5 kali.

Contoh lain yang bisa saya peroleh adalah Chart untuk BP (Chart-3). Harga jatuh setelah wave ke 5.


Chart 3


Kalau sedang tidak di cari, saya sering melihat formasi bearish triangle yang cukup sempurna dan enak dilihat. Tetapi sekarang kok susah ketemunya. Lain kali kalau saya menemuinya lagi akan saya postingkan. Anda bisa mencari sendiri contoh-contohnya.

Secara teknikal bisa diterangkan kenapa setelah pola segitiga bearish ini harga asset akan jatuh. Intinya ada bahwa harga asset naik diantara dua batas (atas dan bawah) yang konvergen sehingga semakin lama semakin sempit dan akhirnya harga harus keluar dari kurungan batas atas dan bawahnya ini. Ketika keluar, kalau skenario naik artinya asset ini harus naik lebih tajam lagi dan bisa-bisa tergolong naik parabolik. Ini hanya bisa pada kasus mania yang kuat. Skenario kedua ialah harga nya jatuh. Artinya ada profit taking atau koreksi. Skenario ini adalah yang paling berpeluang. Sekitar 95% peluangnya harga akan jatuh setelah keluar dari pola trading segitiga ini.

Kembali pada Chart-1, pola segitiga III-IV-V dalam Elliot Wave dikenal sebagai ending diagonal. Setelah ini diharapkan adanya corrective wave, kemungkinan adalah zig-zag. Apakah bentuknya kompleks atau sederhana, waktu yang akan mengatakannya.

Kasus emas akan menarik sekali untuk membuktikan teori analisa teknikal. Bentuknya jelas. Sehingga sulit untuk menyangkalnya lagi. Diharapkan harga emas akan jatuh di bawah 670. Waktunya entah kapan. Entah 2 tahun entah 3 tahun. Kita tunggu saja.

Sekian dulu. Saya melihat US dollar sudah sangat bottom. Dari investor hanya 3% saja yang bullish. Perpindahan dari kubu bear ke kubu bull sedikit saja akan mempengaruhi harga banyak sekali. Demikian juga sebaliknya. Jadi permainan lebih volatile.

Sampai nanti, jaga kesehatan, asset dan investasi anda baik-baik. Saya masih flu nih.

Jakarta 15 Oktober 2010.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

63 comments:

Anonymous said...

Pak .. Chart DOW loe kapan Punya ? 3 Bln Lalu .. DOW 11.131 sdh break downtrend nya ... jgn kongtai melulu dah .. cape baca nya ...

Anonymous said...

Itu mah conto,coy...
makanya simak baek-baek...

Anonymous said...

Contoh kepale loe, tuh membuktikan anlisa sa IS Suck keq loe pemuja dia .. yg seneng lihat org rugi ... trend nya semua da patah tuh ... makan tuh dewa IS mu

Anonymous said...

oooo .. yaya .. cuma contoh toh .. soalnya da males baca .. hihihi

Anonymous said...

tiga minggu ini saya terpaku dalam blog anda, tulisan anda menarik menarik, cukup membantu saya yang pemula di forex,mohon ijin untuk mengkopi tulisan untuk analisa pribadi

Anonymous said...

analisa semar memang jitu!
luar biasa!
buy dolar!

Anonymous said...

IS menganalisis trend dengan tools, untuk yang gak setuju/ bersebrangan dengan trendnya IS sharing dong, dengan apa anda menganalisis sehingga kita para pemula bisa mencari kebenaran diantara anda semua.

Anonymous said...

uhuk...uhuk....uhuk...

mau bearish triangle, eliot wave bodo amat.... yg penting untung.....

Anonymous said...

wkakaka, jgn menambah korban lagi plizz Semar .. analisa mu cuma copyam dr blogs laen .. Uncle DOW 11.125. Tak Ada Crash lagi .. jgn membual terus, bikin novel aja loe

Anonymous said...

"Analisa semar memang jitu"

Loe mikir pake otak apa dengkul bos??!!!!

Anonymous said...

Kemungkinan emas akan jatuh drastis dalam 1 atau 2 tahun kedepan, sama seperti oil dari $147 ke $ 32, cuma waktunya kapan?????

Anonymous said...

mau jatuh mau ngak bodo amat lar .. enjoy aja trend nya lagi .. Just Follow The Trend .. sdh jelas BULLISH .. Trailing Stop Ketat ... IS sdh Jelas Salah .. Walayat yg benar .. cuma bukan seorang Gentlemen utk tidak mengakui kesalahannya di publik & terus memuntahkan fear .. kalo prediksi gold ke 670 5 taon kedepan baru terjadi semua pun bisa PAK. yg di perlukan para trader itu info yg sekarang gimana mendapat untung.. kalo cuma bisa sedikit Technical & ingin Pamor ikut aja Competition .. bukan membuat org rugi & menganggap diri sendiri hebat.

Anonymous said...

Jangan2 Si IS cuma Maen 1 lot saja... jd Cut Loss ngak sakit ... hahaha, biarpun pintar analisa tp ngak bisa making Money untuk apa ? Pamer Technical Analysis yg menyebabkan org Rugi .. kepribadian seorang pengecut, 100% tidak boleh diikutin ..

Anonymous said...

Ngomong sibuk bla bla bla...tulis 2 artikel non ekonomi sempat...cape deh..gak tau lagi ya mau main sirkus macam apa?,udh kehabisan ide?,bener tuh apa yg diatas katakan..teori doang buat apa?,main saham buat cari duit,bukan cari dukungan

Anonymous said...

dah lama ga buka blog ini, ternyata makin rame ya...

Dasar orang Indonesia, paling pinter ngejelekin orang...

Kl ga suka ya udah ga usah di baca kenapa repot...

Katanya orang-orang berpendidikan tetapi perilaku dah seperti orang terbelakang...

Pikir dulu bung sebelum komen....

Anonymous said...

October 22, 2010 11:01 AM paling ni orang si semar sendiri..he he he

Anonymous said...

paling gak tulisan terakhir IS ini ada benarnya, harga emas mulai turun. yang dah kadung beli pas di top harga kemarin, siap2 merasa "disembelih" . . . (jadi inget tulisan IS sebelum2nya ttg sembelih menyembelih ini)

Anonymous said...

koreksi koreksi....time to buy

Anonymous said...

Nama Semar kami gunakan sejak tahun 2002 untuk memparodikan tokoh idola Suharto, yang membanggakan SUPER-SEMAR dan mencitrakan dirinya sebagai Semar yang bijak dan mumpuni. Kami menampilkan diri dengan gaya yang sangat bertolak belakang dengan karakter Semar yang sopan, sok jadi guru. Karakter yang kami tampilkan justru sinis, anti kemapanan dan blak-blakan. Sejak saat itu nama Imam Semar melekat sebagai identitas kami di dunia maya dengan karakter yang sangat berbeda dengan tokoh Semar. ....
PANTESAN LHA WONG SEMAR ANTI KEMAPANAN JADINYA YA NGGA UNTUNG NGGA PAPA..RUGI MELULU

Anonymous said...

Hahaha, gimana ngak mau rugi terus ? ngarepin IDR hancur, History 1930 dijadikan acuan & bikin Fear .. itu ma zaman batu, gimana ngak mau nabrak TEMBOK, ini jaman millenium Om Semar.

@anony October 20, 2010 5:35 AM .. sungguh tolol apabila anda mengambil tulisan Semar menjadi acuan berinvestasi. ngk ada crash sp akhir 2010.

Anonymous said...

Gak usah posting lagi deh om, buat apa repot-repot cuma dilecehkan ama orang.

Anonymous said...

@anony October 27, 2010 9:23 AM

Nggak apa-apa lah, lagian lawakannya semar kan masih lebih lucu dari lawakannya OVJ :D

Anonymous said...

kartu 3 lagi naik harga ya? kok dah lama gak ketemu 3 of 3 ya?

Anonymous said...

Sdh di katakan dari kemarin, TA 1 lot sd 2 lot mau prediksi pasar ??? yg banyener aja .. itu duit org OM, bukan duit bapakmu, seenak aja menganalisa yg merugikan org byk, ingat karma. pernah mikir ngak kalo ada yg bangkrut dgn sok hebat mu?? keluarga, masa depan anak dlll ??? kalo emang udh salah dibenerin donk..jgn anggap sendiri dewa... ngaca dulu TA 1 lot :P

Anonymous said...

saya bingung.. penulis di blog na sendiri malah dihina2.. pdhl yg menghina blm tentu lebih pintar dr si penulis... pdhl si penulis uda menuliskan disclaimer jadi kalo anda rugi yah itu gara2 anda sendiri.. kaya na orang yg menghina uda pada buta kali yah ??? ato kg bs baca? ?? inilah indonesia... sungguh ironis..

Anonymous said...

IS ga bisa disalahin, wong dia BUKAN BANDAR yang tau market mau di bawa ke arah mana...

Anonymous said...

Sudah salah msh ngak gentleman dan fear demi fear terus di posting tanpa merasa bersalah & merasa diri hebat, itu lar seorang IS yg anda sembah2 selama ini. woiii pembela IS, bukan se x saja, sdh dr crisis global 2008-2011 salah terus. ngak ada intropeksi diri sama se x, yg ada berontok & terus ksh contoh2 TA size cuma 1 lot. BLOGs ini dimaki terus biar ngak tanpa korban baru. Sadar ngak loe pade.

Anonymous said...

ya saya maki2 karna di kenalin blog ini sama seseorang yg sifatnya persis dgn IS. seorang yg ngak gentlemen, sifat yg sama, dgn sedikit TA sdh menganggap sendiri DEWA. ngk berpikir bahwa org bisa bangkrut dgn TA 1 lotnya. kalo anda seorg Gentlemen, buktikan kepada Fans mu semua caci maki ini adalah salah.

Anonymous said...

Work For Advertising Company.

Join one of the best Advertising Company in nirvana. We pay you for your hard work. 10000% Payment Assurance. Its a copy-paste work. Unlimited Monthly income.

www.HRSW@RIP.eowi

smid said...

anony mengonggong (GUK GUK),kafilah berlalu..

Anonymous said...

Yaaaah si smid tolol penjilat semar nongol

Anonymous said...

Buat ane blog ini buat senang-senang,
senang lihat chart IS...
senang lihat orang untung...
senang lihat orang rugi...
senang lihat ada yg bangkrut...

Anonymous said...

@ October 28, 2010 10:21 PM

Mati aja kau sana TA 1 Lot .. kita ngak bakal bangkrut dgn analisa pinggir jalan ..

Anonymous said...

@ October 28, 2010 6:24 AM

So Pasti 10000% bangkrut .. hahaha .. untung gue balikin semua .. sempat terjerumus BUY USD karna dikenalin blog ini oleh seorg yg ngak pantas dianggap teman.

Anonymous said...

numpang tanya pada para suhu..mau survei emang kalian itu pada investasi bermain di area berapa? 100 juta? 200 juta ? 1 M atau lebih? di mana investnya saham lokal? future? ato reksadana? atau forex?

smid said...

Air beriak tanda tak dalam.

Anonymous said...

makanya duit modal ngewarung jgn dipake spekulasi...
begitu bangkrut nyang punya blog disalahin...hehehe

Anonymous said...

Makanya, kalo cuma tukang judi jangan belagak jadi dewa. Jadinya disalahin & dimaki banyak orang kan :D

Anonymous said...

kalau mau cuan mesti baek-baek sama kuncen eowi yaa...!!!
jangan ngomong sembarangan...!!!

Anonymous said...

CAPE DE .. GubRAKKKKKK

Anonymous said...

@ October 29, 2010 1:06 PM

Kalo anda mengikuti blogs ini anda tak akan berinvestasi kalo percaya bualannya .. Forex KO, Reksa pasti loe tarik, IHSG ngak bakal berani masuk & skrng IHSG 3653 (dari 2500 sdh di ksh fear terus sama si goblok semar), Short Di Dow Jones jadi Anjing, Jual Emas yg sudah ada ngk kebeli balik skrang .. Emang Pantas dimaki nih Si Semar & Penjilat nya ..

Saya beli USD 100.000 , karna katanya mau ke 13.000 bahkan ke 17.000 kalo panic .. But untung tuhan masih sayang pada saya & menyuruh saya Cut Loss, & Main IHSG , Profit Saya 100% di IHSG .. & untuk yg kenalin saya blogs ini .. F*** u .. Otak saya lebih encer dari TA 1 lot mu.

Anonymous said...

Dahulu di puja sekarang di cerca, nanti ( 2-3 tahun lagi ) di puja kembali atau malahan tambah di cerca ????? :)

Anonymous said...

http://www.walayatstreet.com/

Lebih Masuk akal prediksi & analisa nya. ngak seperti si Sarjana Sastra yg pandai mengarang kata2 & terus membuat fear. gua jamin penjilat IS lagi gigit jari .. Grrrrrrr

Kurniawan said...

Yang rugi karena mengikuti saran dari blog ini secara membabi buta ... ya salah sendiri... bahkan ex menko bu srimulyani pernah bilang bahwa arus investasi dari luar akan deras masuk ke indonesia dan usd akan turun...

Masa lebih percaya bung IS daripada mentri ekonomi.... yg jelas bu sri lebih ada kredibilitas dan capability...

Saya sendiri ga pernah ngikuti saran dari blog ini... karena tidak sesuai dgn pola investasi saya...

jadi please deh... jgn ikut saran tanpa mempelajarinya dulu...

Anonymous said...

hm...
Sri Mulyani VS IS
ternyata Sri Mulyani lah yang menang Telak !!
IS cuma bisa omong doang,pake acara gaji 9 digit lagi,halah bualan loe parah!!

kemarin alibinya Komputer masuk virus,trus Badan sakit sakitan,sekarang apa lagi IS ?
udahlah...lu dah kalah ya ngaku aja secara gentle dan minta maaf aja daripada cari2 alasan buat absen

Orang yg sok belagu bak dewa selangit ini mesti dikasih pelajaran

semua orang yg berprestasi dibodoh2in ma dia,US Bodoh,Indonesia Bodoh,semuanya bodoh,cuma dia sendiri yg pinter
hasilnya??,nol besar
peratikan bualan2 IS dalam semua tulisannya,sok belagu melebihi Nabi maupun Tuhan
Fiuh..

Anonymous said...

mungkin semar ini sakit jiwa kaleee punya post power syndrome or semacamnya gw ngak percaya ni orang ngaku2 alumnus ITB dan gaji 9 digit .buat belagu aja .hmfh .....lulusan ITB ?? malu2in alumnus aja ni orang pake belagu sok kenal Alex supeli lagi. pelimu njepat jee..

Anonymous said...

Wajarlah lulusan ITB emang begitu...
kalau lulusan MIT baru wa heran...

Anonymous said...

wkakaka...ngakak..sakit perut gua, di flash back kembali, setiap dow koreksi keluar 3 0f 3 0f 3, dow naek lagi batal lagi .. dst.. yg nungguin ma BYE-BYE ya... rezeki da di patok ayam ..

Anonymous said...

siapa pun bisa prediksi kalo terjadinya ntar 3-5 taon kedepan .. kayak crisis 2008 ... IS dr 2002 sdh bilang Crash tp terjadinya 2008 .. oalah .. sok & dibanggain pula.. dikenalin pula site ini taon 2009 .. sorry ya otak wa lebih encer .. & SRI M is SUPERSTAR...

Anonymous said...

Blaga Absem tuh si IS .. ntar dow koreksi keluar juga tuh ... anyway .. bertapa dulu ya loe IS merenungkan koq bisa salah ya ?? koq bisa ya ??? TA anda masih cetek... DOW MA5>MA20>MA50>MA200 PERFECT BULLISH .. bakal lama bertapa loe kali ini .. C u in Krisis jilid II

Anonymous said...

ITB = Ih Tukang Bual, yg ngak tahan msh bersikeras dgn analisanya .. sdh jelas USD SELL , INDEX BUY .. msh juga 3 0f 3 0f 3 nya ngk ada matinya ... itulah yg bikin ngamuk pembaca

Anonymous said...

Waaaaahhh...
kalau gitu imam semar = mbah maridjan pasar modal dong...?
hahaha...

Anonymous said...

Jakarta - Gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Mentawai sungguh mengejutkan banyak pihak. Namun ternyata, gempa dan tsunami dahsyat di Mentawai, sudah diprediksi oleh tim ilmuwan Irlandia 9 bulan sebelumnya. Bahkan tim itu pun sudah meminta pemerintah Indonesia waspada.

Prediksi itu dibuat ilmuwan terkemuka John McCloskey, profesor di Institut Riset Sains Lingkungan Hidup di Universitas Ulster, Irlandia Utara. McCloskey terkenal sejak prediksi gempa Sumatera yang cukup akurat di tahun 2005.

Peringatan ini dituangkan dalam surat untuk jurnal Nature Geoscience dan pernah dilansir kantor berita AFP, Senin 18 Januari 2010 silam. McCloskey sudah khawatir akan terjadi gempa di Mentawai.

"Ancaman gempa penyebab tsunami yang dahsyat dengan skala kekuatan lebih dari 8,5 di tambalan Mentawai tidak berkurang. Ada potensi timbulnya korban jiwa sebesar tsunami Samudera Hindia tahun 2004," demikian peringatan tersebut.

Dikatakan tim itu, bahaya tersebut berasal dari dari penumpukan tekanan yang terus-menerus dalam dua abad terakhir di belahan lempeng Sunda (Sunda Trench), salah satu zona gempa paling mengerikan di dunia, yang berlangsung paralel ke pantai Sumatera bagian barat.

Tidak disebutkan kapan waktu kejadian tersebut. Namun dengan jelas diingatkan bahaya untuk Padang, kota dengan 850 ribu jiwa penduduk yang terletak di wilayah yang berisiko tersebut.

"Ancaman untuk peristiwa itu adalah jelas dan kebutuhan untuk aksi mendesak sangatlah tinggi," demikian peringatan para ahli seismologi tersebut.

Peringatan ini adalah hasil riset tim McCloskey setelah menganalisa gempa Padang, 30 September 2009 lalu. Bahkan, mereka meminta pemerintah Indonesia bersiap-siap khusus untuk kawasan Mentawai dan Padang.

"Penting sekali bahwa pemerintah Indonesia dengan bantuan komunitas internasional dan organisasi-organisasi nonpemerintah, memastikan bahwa mereka menuntaskan upaya bantuan dan pembangunan tahan gempa usai gempa bumi ini, dan bekerja sama dengan rakyat Padang untuk membantu mereka menyiapkan diri untuk gempa berikutnya," pungkas mereka.

Gempa dan tsunami pun akhirnya benar-benar terjadi pada Senin 25 Oktober kemarin dengan kekuatan 7,2 Skala Richter (SR), tidak sampai 8,5 SR seperti prediksi McCloskey. Daerah Padang siap dengan pemantau gempa dan tsunami. Namun tidak demikian dengan Mentawai, karena tidak dipasangi pemantau tsunami oleh pemerintah.

Tsunami yang menerjang Mentawai luput dari perhatian dan baru diketahui keesokan harinya. Hingga Minggu (31/10/2010) korban jiwa di Mentawai mencapai 449 orang, 96 orang hilang, 270 orang luka berat, 142 orang luka ringan dan 14.983 orang terpaksa mengungsi.
...................................................JADI INGAT RAMALAN SEMAR

Anonymous said...

Jakarta - Gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Mentawai sungguh mengejutkan banyak pihak. Namun ternyata, gempa dan tsunami dahsyat di Mentawai, sudah diprediksi oleh tim ilmuwan Irlandia 9 bulan sebelumnya. Bahkan tim itu pun sudah meminta pemerintah Indonesia waspada.
...................
Prediksi itu dibuat ilmuwan terkemuka John McCloskey, profesor di Institut Riset Sains Lingkungan Hidup di Universitas Ulster, Irlandia Utara. McCloskey terkenal sejak prediksi gempa Sumatera yang cukup akurat di tahun 2005.
.............................
"Ancaman gempa penyebab tsunami yang dahsyat dengan skala kekuatan lebih dari 8,5 di tambalan Mentawai tidak berkurang. Ada potensi timbulnya korban jiwa sebesar tsunami Samudera Hindia tahun 2004," demikian peringatan tersebut.
.......................
Tidak disebutkan kapan waktu kejadian tersebut. Namun dengan jelas diingatkan bahaya untuk Padang, kota dengan 850 ribu jiwa penduduk yang terletak di wilayah yang berisiko tersebut.
..........................
Peringatan ini adalah hasil riset tim McCloskey setelah menganalisa gempa Padang, 30 September 2009 lalu. Bahkan, mereka meminta pemerintah Indonesia bersiap-siap khusus untuk kawasan Mentawai dan Padang.
.........
Gempa dan tsunami pun akhirnya benar-benar terjadi pada Senin 25 Oktober kemarin dengan kekuatan 7,2 Skala Richter (SR), tidak sampai 8,5 SR seperti prediksi McCloskey. Daerah Padang siap dengan pemantau gempa dan tsunami. Namun tidak demikian dengan Mentawai, karena tidak dipasangi pemantau tsunami oleh pemerintah.
..................................................JADI INGAT RAMALAN SEMAR

Anonymous said...

nah untuk kedepannya, John McCloskey memprediksi gempa & tsunami dimana? Bagi2 infonya....Ini yang lebih penting khan?......

Anonymous said...

untuk selanjutnya gempa dan tsunami akan melanda blog EOWI dan menghanyutkan semar peserta cantrik2 nya

Anonymous said...

ayo semar! hajar para penggangumu. posting lagi artikel yg lebih hebat lagi! jangan dengarkan kritikus anonim itu!

Anonymous said...

Ramalan John McCloskey dan ramalan Imam Semar sama2 bikin orang bangkrut...

Anonymous said...

wa lah wa lah, 60 comment semua cuma ributin semar hebat atau goblok..!! gak ada kerjaan lain apa kalian???

Anonymous said...

Magelang - Di tengah kegalauan akan bahaya wedhus gembel, para pengungsi digegerkan beredarnya sebuah foto awan di Puncak Gunung Merapi. Bagaimana tidak? Dalam foto yang diambil oleh salah seorang warga Kecamatan Srumbung Magelang itu, awan itu menyerupai wajah Petruk, salah satu punakawan dalam pewayangan Jawa yang berhidung mancung.
......................
"Beberapa sesepuh dan orang-orang tua desa menyatakan jika sudah terlihat kepala Mbah Petruk atau Nyai petruk yang sudah menagih janjinya maka akan terjadi letusan di puncak Gunung Merapi yang sangat besar," tegas Suswanto.

Sugihartono, tetangga Suswanto, mengatakan warga setempat sangat mempercayai mitos Mbah Petruk atau Nyai Petruk. Mitos itu dipercaya secara turun-temurun.

Mitos itu terkait cerita tentang kekecewaan Raja Majapahit, Brawijaya terhadap Kerajaan Demak dalam kisah Sabdo Palono Genggong. Brawijaya saat itu ingin menyepi di Gunung Lawu namun diusir. Brawijaya akhirnya bersemedi di puncak Merapi.

Saat menyepi di Merapi, Brawijaya bertemu dengan seorang wanita tua yang konon disebut Nyai Petruk atau Mbah Petruk. "Mbah Petruk kemudian mengeluarkan sabda jika Ada pemimpin di sekitar Merapi yang tidak benar dirinya akan menagih janji," ujar Sugihartono.

Sugihartono menjelaskan dalam foto itu kepala Mbah Petruk menghadap ke Selatan. Ini artinya letusan Merapi yang terbesar akan menimpa di Yogjakarta dan sekitarnya.

"Kucir belakang dan hidung tajamnya menghadap ke selatan, Yogjakarta. Maka diperkirakan yang akan mendapat akibat besar adalah kota Yogjakarta dan sekitarnya," tegas Sugihartono.

Mbah Diur (54), sesepuh Dusun Gantan, Desa Ketunggeng, Kecamatan Dukun, Magelang menjelaskan Merapi secara filosifi dan metafisis dikuasai beberapa arwah dari orang yang mumpuni. Salah satunya Nyai Petruk atau Mbah Petruk yang menguasai bagian puncak bersama mahkluk gaib lainnya, Den Mas Anwar, anak dari Pangeran Samber Nyawa penguasa Gunung Lawu.

"Petruk menguasai kawah dan Den Mas Anwar menguasai bagian puncak sampai ke dalamnya," tegas Mbah Diur.

Ada lagi tokoh ghaib lainnya yang diyakini berdiam di Gunung Merapi. Tokoh ghaib itu adalah pangeran Sambang Dalan, penguasa sisi kanan kiri lereng Merapi.
.....
HMMMM ...KITA LIHAT SAJA RAMALAN PETRUK INI AKURAT NGGAK YA ? ATAU BAKAL MLESET SEPERTI SEMAR

Anonymous said...

maksudnya gambar Petruk yg ini ya? Mistis nih yee.

http://www.newoes.com/inilah-foto-awan-puncak-merapi-berbentuk-kepala-petruk

wapan said...

Orang-orang gila ! Gak usah diperhatikan pak IS ! Bisanya mencaci, tapi tidak bisa membuktikan kalo dirinya lebih pinter ! Kaya anak kecil saja !

tcw said...

mungkin saja mas IS itu goblok ..bego atau enggak gentlement...
padahal sih udah ditulis di disclaimernya..kalo mau ikut saranya mas is ya resiko tanggung sendiri...lah itu sangat gentle menurutku....
sedangkan yang ikut saran IS dan rugi malah menyalahkan IS .orang kayak gitu mah lebih banci / tidak gentlement dari IS..lah ini namanya cuma prediksi kok...bisa salah dan benar....kalo gak mau rugi atau untung yang gak usah invest......kalo mau ramalan yg benar saja mah gak usah baca blognya mas IS karena mas IS bukan tuhan...sebaiknya anda anda itu buat analisa sendiri dan baca sendiri saja...kalo salah anda kutuk diri anda sendiri ..kalo benar ..silahkan anggap jagoan dan jangan menyalahkan orang lain.......memang dasar orang indonesia....bilang orang enggak gentelement taunya diri sendiri enggak gentlement.