___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, July 5, 2010

UUUPS TAKUUUUT …..!!!!

Minggu lalu saya menemukan topeng 3-o-3 saya yang selama ini terselip di bawah sofa dan baru saya temukan lagi. Kemudian saya pakai sambil nonton TV channel CNBC dan Bloomberg. Maria Bartiromo, pembawa acaranya saya takut-takuti. Kemudian TV nya saya takut-takuti juga......., Wow hasilnya indeks Dow jatuh, indeks S&P jatuh dan emas juga jatuh. Perak jatuh..... lari semua. Takuuuuuuut. Mungkin bulan depan saya akan mencoba menakut-nakuti BI dengan topeng 3-o-3. Supaya rupiah terbirit-birit. Jangan lupa pakai bakar kemenyan supaya lebih seram. Moga-moga berhasil......, sebel deh sampai saat ini rupiah masih belum terbirit-birit. Tetapi dengan gelar yang baru saya sandang, “memedhi gendruwo ing wit weringin gondomanan” kemungkinan besar rupiah juga takuuuuuuut.

Aaaaahhh....asyik kalau market sejalan dengan fundamental. Dow(n) the way to go. Akhirnya fundamental menang, walaupun harus menunggu agak lama. Depresi ekonomi deflasi masih akan bercokol agak lama. That’s the way to go.

Ada yang bilang Dow akan ke 3000, ada yang bilang ke 1000. Dan yang ekstrim adalah Prechter, pilihannya 500, untuk DOW. Anda tidak salah baca. Betul......, 500 untuk indeks Dow. Saya tidak begitu percaya hal itu akan terjadi. Precher agak lebai sedikit. Memang potensi ke sana ada, yaitu kalau terjadi bubble burst di pasar derivative yang besarnya US$ 500 trilliun. Bandingkan dengan hutang di US yang besarnya hanya US $50 trilliun. Ramalan Pechter bisa terjadi, walaupun saya meragukannya.

Apa sih yang dimaksud dengan fundamental? Kenapa harus terjadi depresi deflasi?

Chart-1 adalah chart favorit saya untuk menerangkan adanya deflasi, yaitu chart total hutang (hutang konsumen, bisnis dan pemerintah). Tahun 1930, ketika terjadi depresi deflasi, yang memicu adalah menumpuknya hutang/kredit di Amerika Serikat dan juga di negara-negara maju (versi tahun 1930) lainnya. Mania. Kalau dalam siklus Kondratieff masuk pada periode K-Autumn. Sistem ekonomi semacam itu tidak bisa dipertahankan. Beban hutang terlalu berat. Hutang harus dibayar atau dikemplang. Uang kertas bisa dicetak. Uang kertas dan emas hanya bisa berpindah tangan. Sedang kredit bisa berpindah tangan (jual-beli surat hutang) dan bisa lenyap (gagal bayar & ngemplang). Sifat kredit yang terakhir ini membuat kredit berbeda dengan uang fiat.

Ketika the Great Depression 30s, level tertinggi hutang di US adalah kurang dari 350% GDP. Calon Greater Depression 2010an adalah 430% dari GDP. Wajar dong kalau depresi yang sekarang disebut the Greater Depression. Karena pemicunya lebih besar kok.
Chart 1

Lalu apakah pemerintah tidak berusaha menahannya? Tentu saja. Cuma tidak effektif. Pemerintah US bersama the Fed telah mencetak duit sehingga monetary base US dollar naik 1300% (lihat Chart-2). Tetapi apa daya kredit jauh lebih banyak dan kenaikan 1300% itu tidak mampu menahan laju deflasi kredit (Chart-2).




Chart 2


Pada masa depressi 30, kontraksi kredit berlangsung selama kurang lebih 5 tahun dan kecepatan tertingginya sekitar 13% (lihat Chart-3). Dan untuk saat ini kontraksinya masih sekitar 10%. Dan baru terjadi sekitar 1 tahunan. Kalau dibiarkan saja mungkin lebih baik. Karena sistem ekonomi akan cepat terkoreksi dan memulai yang baru. Sayangnya pemerintah suka campur tangan, dan hal ini memperlama penderitaan saja.




Chart 3

Yang paling parah kredit kontraksinya adalah di sektor finansial (Chart-4). Ini tanda-tanda di sektor finansial terjadi deleveraging. Kecepatan kontraksi kreditnya mencapai 13%. Sedangkan di sektor non-finansial masih positif tetapi mengalami perlambatan.



Chart 4

Baltic Dry Index membuat lower low dan lower high (Chart-5). Artinya perdagangan dunia menyurut kembali. Masih pelan-pelan. Tetapi menyurut. Mungkin itu sebabnya pasar saham di negara pengekspor dunia, yaitu Cina ikut-ikutan bearish (Chart-6). Investor lari ke cash dan treasury bond. Oleh sebab itu yield 2-yr bond juga ikut anjlok.



Chart 5

Dollar sudah memulai rallynya kembali. Awalnya saya pikir masih akan ada koreksi “flat – ABC” menurut istilah idiot wave. Ternyata wavenya tidak sempurna. Kelihatannya US$ sudah bisa rally lagi (Chart-7).




Chart 6



Chart 7

US dollar tidak hanya menguat, tetapi memakan korban emas. Minggu ini emas jatuh telak 50 poin. Jatuhnya decisive sekali (Chart-8). Dalam interday sempat tembus level $1200. Secara TA, cukup merusak. Target berikutnya adalah 1150. Kalau level ini tembus, maka level 670 semakin jelas secara idiot wave.



Chart 8

Indeks Dow dan Trans, menunjukkan gejala bearish menurut teori Dow. Keduanya membuat lower low pada harga penutupan (Chart 9). Jadi teori Dow mengatakan bahwa bear market sudah kembali. Jadi..... bear sudah resmi diundang oleh Mr Dow.



Chart 9

Sekian dulu....., jaga kesehatan, investasi dan tabungan anda baik-baik.

Jakarta 4 Juli, 2010.


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

24 comments:

Anonymous said...

Woi semar, besok kalau financial market tidak takut lagi dengan topeng 3-0-3 kamu, kamu takuti saja dengan pantat kamu. Siapa tahu dow masih bisa jatuh :D

Anonymous said...

Wkakaka ... sepertinya udh 8 bln lalu ini idiot wave diceritakan ..eit .. batal & batal lg .. ngak ada negara yg mau jatuh lebih dalam ... Think Smart ... hbs World Cup Dow rally lagi .. Mau taruhan ngak semar ?

Anonymous said...

sdh jalan2 ke Amrik, Europe blm ? ngak seburuk dgn prediksi anda bung .. yg logis2 aja kalo prediksi .. for All Traders : Just Follow The Trend .. Short it's a Sin (Menghancurkan byk Org).. Ingat Karma.. pa lagi Fear Maker ...

Anonymous said...

pak semar, koq anda bearish sekali dgn gold?
kaya'nya kecil dhe kemungkinan gold kalah dgn usd :-)

KMR said...

Terlebih lagi Head & Shoulder pattern terjadi.

Anonymous said...

Semar semar. Kalau elliot wave menurut kamu idiot kenapa masih kamu pakai? Berarti kamu lebih idiot dari orang idiot dong. :D

Anonymous said...

idiot dan pecundang ...itulah Semar...he..he..he...palingan nih orang kayak MINERVA di KOREA lulusan SMA bikin dagelan..wakakakak dogol bener yang percaya ma semar mendhem

Anonymous said...

Hai teman,

Kalau anda tidak suka ya sebaiknya tidak perlu melihat dan berkomentar, kita saling menghargai pendapat orang lain, kalau anda punya pendapat silakan di kasih analisa anda supaya kita semua juga dapat saling belajar. ok. Sukses untuk kita semua.

Anonymous said...

Ahhh...kalian yg hana mengejek ini saya kira kepandaian/ analisa nya tidak lebih tinggi otak nya dari pantat nya sendiri. Kalo kalian pintar buat lah blog sendiri. Atau memang kalian udah ada blog tapi merasa kalah kepintarannya dgn semar ini? mulut nya cuman bisa omong yg rendah2 aja.

Anonymous said...

The Average Man
“The average man doesn’t wish to be told that it is a bull or a bear market. What he desires is to be told specifically which particular stock to buy or sell. He wants to get something for nothing. He does not wish to work. He doesn’t even wish to have to think.”
- Jesse Livermore


Terjemahan bebasnya:
“Orang rata-rata tidak ingin diberitahu apakah ini adalah bull market atau bear market. Apa yang dia benar-benar inginkan adalah diberitahu secara spesifik saham mana yang harus dia beli atau jual. Dia menginginkan mendapatkan sesuatu secara gratis. Dia tidak ingin bekerja. Dia bahkan tidak ingin kalau harus berpikir.”
- Jesse Livermore

Catatan Kaki
Selalu dikutip dimana-mana, 85% trader bangkrut. Dalam statistik (salah satu ilmu tidak berguna), rata-rata dalam kurva dengan distribusi normal biasanya adalah sekitar 68%. 85% itu 17% lebih dari 68%!!! Berarti jauh lebih dari rata-rata trader itu bangkrut. Atau… dengan kata lain, “the average man” atau orang rata-rata dalam kutipan di atas PASTI BANGKRUT.
Bagaimana ciri ”the average man”?

Ingin rekomendasi saham spesifik;
Tidak mau bekerja (analisa);
Tidak mau berpikir (belajar).
Anda sudah tahu tiga ciri “the average man”. Balik ketiga ciri tersebut, dan kami yakin, Anda akan berada di tempat pemenang. Kalau Anda mau jadi pemenang, jauhi CNBC, jauhi FB, jauhi rekomendasi, jauhi forum, jauhi blog, jauhi “guru”, jauhi “insider”! Rasakan pasar berada di fase mana, analisa saham-saham kesukaan Anda dengan baik dan jeli, tetapkan rencana trading yang baik (tidak perlu sempurna), eksekusi, dan duduk diam. Belajar dan terus asah ilmu Anda agar Anda bisa mandiri.
Jangan jadi “rata-rata”.

Anonymous said...

@Anony July 7, 2010 12:04 AM:

Kalau Anda mau jadi pemenang, jauhi CNBC, jauhi FB, jauhi rekomendasi, jauhi forum, jauhi blog, jauhi “guru”, jauhi “insider”! Rasakan pasar berada di fase mana, analisa saham-saham kesukaan Anda dengan baik dan jeli, tetapkan rencana trading yang baik (tidak perlu sempurna), eksekusi, dan duduk diam. Belajar dan terus asah ilmu Anda agar Anda bisa mandiri.
Jangan jadi “rata-rata”.

Saya Rasa Anda Termasuk salah satu looser / Average Man yg terlalu percaya ma Iman Semar...

Anonymous said...

Idiot Wave .. Batal lagi .. Batal Lagi .. don't be average man .. Blogs menyesatkan .. Tsamina mina zangkalewa ... this time for Africa

smid said...

so far dari 12 comment semua anony..yang bilang dont be average anony..yang menghujat anony,yang membela anony..serkarang kita tela'ah average..average = rata rata.nah disini yang rata2 yang comment anony..hehehe..yang waraas aja lah..

Anonymous said...

@smid ..ngapain lu bela2 in si semar mendhem, jangan2 loe si semar yah ?...

Imam Semar said...

Qi qi qi qi qi qi qi...... :D

art.ksc said...

jika anda kurang suka dengan blog ini, just don't read it

dengan mengeluarkan kata kata yang kurang pantas untuk diucapkan hanya akan merendahkan diri anda sendiri

bagi saya pribadi, trading is based on my own consequences not from others blog, fb, or opinion ... yet i really appreciate this blog since it open my mind to a lot of things that i never aware of

so ... considering you don't really like this blog, why give comment ??? it's just a waste of your precious time, maybe u should spend it to other things

Anonymous said...

Semar Ketawa tuh lihat banyak yg bangkrut or Lengket .. Seneng tuh die .. Qi Qi Qi qi

Anonymous said...

"Mungkin sudah waktunya blog ini tidak perlu dijadikan tambahan informasi. HEY! Teknikal IS, coba dong pikir, berapa kerugian yang anda buat, sewaktu mengatakan pasar sangat bearish, dalam arti lain anda SALAH PREDIKSI SEKALI, karena market naik bukan flat, atau turun sesuai prediksi anda. Tapi anda masih berkelit dengan hal2 lain, seperti 9 digit untuk menjaga wibawa anda. Yang lucu sekali,anda masih mengatakan teori Elliot dengan yang lain. Saya pikir anda tidak pantas menulis artikel di blog ini. Bukan dari kemampuan teknikal anda yang tidak tepat, tetapi anda tidak memiliki behaviour/attitude yang baik untuk menjadi seorang penulis. Ironis sekali dengan nama di blog ini (waras)

Tyo

Anonymous said...

@Tyo
Halah, paling ntar disuruh baca disclaimer.

Kalo analisa bener koar-koar ngatain orang lain nggak waras, tapi kalo analisa salah malah nyuruh baca disclaimer. Ternyata semar juga banci dan pengecut.

Anonymous said...

HO...HO..HO..SEMAR BANCI... SEMAR BANCI....kalau loe berani ayo hapus semua koment yang menjelekkan kamu mar..,semar..!

Nick said...

Ternyata orang-orang yang baca blog ini banyak yang picik ya, kl emang ga suka ya usah ga usah di ikuti kan... ge to aja kokq repot...

Gak usah menghujat orang lain seperti kita benar saja, setiap orang punya hak untuk mengemukakan pendapatnya, ini negara demokrasi bung....

Salam Damai untuk semua...

Anonymous said...

banyak yg menghujat.....berarti banyak penggemar IS....gw yakin mereka yg menghujat pasti rajin baca blog ini...ngaku ajalah....cuman pas sekarang mereka rugi pd menghujat...coba kalo untung apa mereka traktir IS...

Anonymous said...

Yeaahh, penjilat-penjilatnya semar sampai turun tangan nih :D

Anonymous said...

betul...betull...betul...